Jelajahi Labuan Bajo 2D1N, Tidak Sampai 1 Juta Sudah Puas Berkeliling Destinasi Wisata dan Kuliner

Akhir tahun akan segera tiba, saatnya untuk menyiapkan rencana liburan. Labuan Bajo dapat menjadi pilihan destinasi untuk traveling penutup tahun. Tidak perlu khawatir kekurangan budget sebab Travelingyuk punya itinerari jelajahi Labuan Bajo 2D1N (2 hari 1 malam). Penasaran, kan? Yuk, simak ulasan berikut.

Bermalam di La Boheme Bajo Rp80.000

Labuan Bajo 2d1n
La Boheme Bajo via Instagram @rahyun

Sebelum berangkat ke Labuan Bajo untuk liburan selama 2D1N jangan lupa memesan tempat menginap.Terdapat beragam pilihan akomodasi di sini, mulai dari jenis hostel sampai resort. Disarankan untuk menggunakan aplikasi atau situs pemesanan hotel, karena biasanya mereka menyediakan promo.

Nah, demi menghemat biaya, Teman Traveler dapat bermalam di La Boheme Bajo seharga Rp80.000an per malam. Dengan modal tersebut, Teman Traveler akan mendapatkan tempat tidur di kamar tipe dorm berisi 6 sampai 8 orang plus sarapan.

Fasilitas di La Boheme Bajo cukup memadai dan nyaman, kok. Di antaranya kamar mandi & dapur bersama, tempat berkumpul, restoran, dan pilihan makan pagi yang vegetarian-friendly.

Hemat Transportasi dengan Sewa Motor Rp80.000

Ilustrasi Sewa Motor via shutterstock

Terpikirkan untuk keliling Labuan Bajo dengan mengendarai motor? Nah, bila belum pernah maka dapat dicoba untuk liburan akhir tahun ini. Terdapat tempat sewa di sekitar pelabuhan Labuan Bajo. Selain lebih praktis, juga biayanya cukup hemat. Teman Traveler dapat menyewa kendaraan roda dua tersebut dengan modal Rp80.000an per hari.

Setelah Check-in Langsung Melipir ke Gua Batu Cermin Rp30.000

Labuan Bajo 2d1n
Gua Batu Cermin via Instagram @yuniqueyuni

Usai Teman Traveler check-in di La Boheme Bajo dan istirahat sejenak, lanjutkan berwisata ke Gua Batu Cermin. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 20 menit. Tarif masuknya sekitar Rp10.000an ditambah jasa pemandu wisata Rp30.000an.

Gua Batu Cermin memiliki beberapa keunikan, sehingga pantang dilewatkan. Dulunya destinasi wisata di Labuan Bajo ini berada di bawah laut, namun akibat peristiwa alam ia pun terangkat ke permukaan darat.

Teman Traveler dapat menyusuri gua selama kira-kira 30 menit, tetapi lokasinya dibatasi berhubung ada bagian yang sempit. Di sinilah Teman Traveler dapat menyaksikan sendiri fosil seperti penyu. Selain itu, pengunjung biasanya bertujuan untuk melihat pantulan cahaya matahari di gua ini.

Lanjutkan Berenang di Air Asin Gua Rangko Rp300.000

Labuan Bajo 2d1n
Gua Rangko via shutterstock

Bila sudah puas menikmati keindahan Batu Cermin, segeralah beranjak ke Gua Rangko. Sebaiknya membawa baju ganti, karena dijamin tidak akan tahan untuk berenang di air asinnya. Teman Traveler akan menghabiskan waktu perjalanan selama kurang lebih 30-40 menit ke Desa Rangko. Sampai di sana, parkirlah sepeda motor lalu langsung arahkan tujuan ke dermaga untuk menyeberang menuju Gua Rangko menggunakan kapal.

Nah, siapkan budget kira-kira Rp300.000an per kapal untuk pulang pergi. Bila pergi sendirian, ada baiknya mencari teman sesama wisatawan yang tidak menggunakan jasa travel agent. Sehingga bisa menghemat biaya sewa boat. Durasi untuk sampai ke Dermaga Gua Rangko sekitar 40 menit.

Sesampainya di Gua Rangko, Teman Traveler dapat langsung merasakan serunya menyelami air asinnya. Sekalian juga mengamati betapa eloknya stalaktit dan lanskap di sekitar gua.

Asupan Energi dengan Makan Ikan Kuah Asam di Arema Sari Laut Rp40.000

Ilustrasi Ikan Kuah Asam via Instagram @umidailykitchen

Menjelajahi Labuan Bajo, rasanya kurang lengkap kalau tidak menjajal sajian seafood. Untuk makan siang, langsung arahkan motor ke Arema Sari Laut. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Trans Flores Labuan Bajo-Ruteng. Perjalanan dari Desa Rangko akan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Teman Traveler harus menjajal menu andalannya yaitu ikan kuah asam. Pilihan ikannya cukup beragam, sebut saja kerapu batu, ketamba, dan cepa. Bumbu utama dari kuliner ini adalah kemangi, asam, dan tomat. Sehingga dapat dirasakan betapa segarnya menyeruput kuahnya. Teman Traveler dapat merasaka kelezatan tersebut hanya dengan modal sekitar Rp40.000an.

Menikmati Senja di Bukit Sylvia Gratis

Labuan Bajo 2d1n
Bukit Sylvia via Instagram @akbar_bebeto

Setelah menyantap ikan kuah asam, saatnya menikmati matahari terbenam. Salah satu tempat wisata untuk menyaksikan golden sunset adalah Bukit Sylvia atau disebut juga Bukit Cinta. Dari Arema Sari Laut, Teman Traveler butuh waktu kira-kira 15-20 menit untuk tiba di bukit.

Kalau sudah parkir, Teman Traveler harus siapkan diri untuk berjalan menuju puncak selama sekitar 30 menit. Walaupun terbilang cukup lama untuk mencapainya, namun dijamin rasa lelah akan terbayar. Bagaimana tidak? Pemandangan dari atas sini sungguh memanjakan mata.

Teman Traveler dapat melihat lanskap lautan, berfoto-foto di beberapa spot, maupun sekadar bersantai di atas rumput hijaunya. Jangan lupa tujuan utama ke sini yaitu melihat magisnya sunset, ya. Pengalaman menakjubkan ini rasanya akan selalu terkenang.

Menyantap Ikan Bakar Khas Labuan Bajo di Kuliner Kampung Ujung Rp50.000

Pilihan Seafood di Kampung Ujung via Instagram @mr.mickeyyyyy

Selanjutnya, saatnya Teman Traveler manjakan perut sekaligus merasakan suasana malam hari di Labuan Bajo dengan meluncur ke Kampung Ujung. Dari Bukit Silvia, dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk tiba. Di sini terdapat banyak tenda makanan yang menyediakan beragam jenis seafood, mulai dari ikan, udang, sampai cumi-cumi. Semuanya segar, loh.

Teman Traveler dapat memilih cara memasaknya, di antaranya dibakar, goreng tepung, maupun kuah asam. Sajian di sini dihitung beratnya bukan porsi, jadi bisa menyesuaikan budget dan kapasitas perut, ya. Biaya yang dikeluarkan mulai dari Rp50.000an.

Hari Kedua Diawali dengan Bersantai di Pantai Waecicu

Pantai Waecicu via Instagram @aknesta

Berwisata di Labuan Bajo akan terasa lebih lengkap bila berkunjung ke pantainya, seperti Waecicu. Nah, usai sarapan di tempat menginap, Teman Traveler segera arahkan motor ke destinasi tersebut. Kalau naik motor, durasi perjalanan sekitar 15-20 menit. Sesampainya di sini, Teman Traveler dapat sekadar bersantai di pinggir pantai maupun berenang.

Lanjut Makan Siang di Restoran Philemon Rp50.000

Ilustrasi Olahan Seafood via Instagram @dayasundari

Puas menikmati lanskap Pantai Waecicu, saatnya untuk menambah energi dengan makan di Restoran Philemon. Lokasinya di Pelabuhan PELNI, jaraknya sekitar 15 menit. Di sini Teman Traveler dapat menjajal olahan ikan kuah asam atau seafood lainnya. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp50.000an per porsi.

Mengakhiri Jelajah Labuan Bajo 2D1N di Kopi Mane Rp30.000

Kopi Mane via Instagram @kaka_ited

Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai penghasil kopi nikmat, seperti Yellow Caturra dan Flores Bajawa. Nah, Teman Traveler dapat mencicipinya di Kopi Mane Inspiration, Jalan Yos Sudarso, Mbaumuku, Langke Rembong. Dari Restoran Philemon, Teman Traveler hanya butuh waktu kira-kira 10-15 menitan.

Di Kopi Mane, Teman Traveler bisa pesan beragam kopi dengan metode yang bisa dipilih juga. Misalnya tubruk, V60, maupun Vietnam Drip. Biasanya kopi panasnya akan disajikan bersama kompyang, roti khas setempat. Untuk itu semua, Teman Traveler hanya perlu keluarkan biaya Rp30.000an.

Budget untuk menjelajahi Labuan Bajo selama 2D1N tidak sampai Rp1.000.000an, loh. Dengan biaya tersebut, sudah puas berkeliling destinasi wisata dan kulineran. Jadi, sudah siap praktekkan? Kapan liburan ke sini?

Tags
Flores Indonesia Itinerari Labuan Bajo labuan bajo 2d1n Nusa Tenggara Timur wisata labuan bajo
Share