Fakta Menarik Tentang ‘Bolong’nya Donat, Sudah Tahu?

Donat yang terbuat dari mie atau Donat Indomie belakangan mengejutkan banyak orang. Makanan yang muncul pertama kali di Australia ini pun viral dan menjadi buruan banyak orang. Di balik kepopulerannya, pernah penasaran dengan asal muasal lubang di bagian tengah donat? Nah, berikut ada beberapa fakta donat yang menarik untuk diketahui. Apa saja? Simak yuk!

Asal Muasal Donat

Donat topping gula halus
Donat topping gula halus via instagram/@meibasuki

Sudah tahu dari mana donat berasal? Cikal bakal donat muncul sejak pertengahan abad ke-19. Saat itu bernama olykoeks, kue goreng yang disukai oleh orang Belanda. Saat itu, olykoeks juga dibawa oleh orang Belanda ke Amerika. Salah satu pembuat kue olykoeks yang terkenal karena kelezatan dan kelembutannya adalah Elizabeth Greorgy dari Inggris. Ia menyajikan kue tersebut dengan tambahan hazelnut dan walnut sehingga diberi nama dough-nut yang berarti dough itu adalah adonan dan nut adalah kacang.

Ide Cemerlang dari Anak Elizabeth Greorgy

Bentuk donat yang unik
Bentuk donat yang unik via instagram/@fairfieldsurabaya

Tidak hanya dijual, Elizabeth Greorgy juga sering membawakan bekal donat untuk anaknya yang bekerja sebagai seorang kapten. Namanya, Hanson Crockett Gregory yang awalnya kesusahan menyantap donat saat mengemudi. Tak pikir lama, ia menusuk tengah donat dengan benda tajam dan mengaitkannya di sela kemudi. Dari situ, Hanson menciptakan donat dengan bagian tengah yang lubang. Ide tersebut langsung disampaikan kepada ibunya sebagai varian donat yang kini kita kenal.

Teori Lain yang Tak Kalah Mengejutkan

Donat yang baru digoreng
Donat yang baru digoreng via instagram/@bursa_kue_nusantara_bekasi

Tidak hanya cerita Hanson sang kapten, ada versi lain muncul donat berlubang. Kepopuleran dari jajanan berlubang ini muncul dengan kepopuleran bagels. Yap, penjual bagels menjajakan jajanan tersebut dengan cara memasukkan ke tiang yang tertancap di gerobak. Cara tersebut diyakini menjadi awal kemunculan donat dengan lubang di tengahnya.

Jajanan Favorit Setelah Perang Dunia

Donat bertopping meses
Donat bertopping meses via instagram/@yulsdavydova

Porak porandanya dunia setelah perang dunia pertama memang dirasakan banyak negara. Namun, siapa sangka hal tersebut tidak membuat kepopuleran donat menurun. Jajanan ini malah difavoritkan setelah perang tersebut. Beberapa orang menjadikannya menu pengganjal lapar saat berada di perjalanan. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai camilan untuk nonton film.

Nah, itulah fakta donat yang unik dan juga menarik. Bagaimana, sudah tahu kan sejarah dari lubang di bagian tengah donat?

Tags
Donat Indonesia Jajanan Kekinian
Share