Kepoin 4 Rahasia Bus Listrik Gratis Transjakarta, Solusi Akhir Tahun Tanpa Polusi

Jakarta semakin berbenah dengan berbagai moda transportasi yang kian modern sekaligus ramah lingkungan. Salah satunya yang sedang populer seminggu terakhir adalah Bus listrik gratis Transjakarta. Disediakan secara cuma-cuma bagi para wisatawan, moda transportasi ini juga menyajikan sensasi naik kendaraan tanpa suara mesin yang bising.

Pernah Digunakan di Kawasan Kota Tua

Image may contain: sky and outdoor
Uji coba Bus Listrik via Instagram/koranjakarta.id

Bus listrik gratis Transjakarta ini sedianya melayani rute di dalam kawasan wisata Monumen Nasional (Monas). Sebelumnya, moda transportasi hemat energi ini melayani wisatawan di kawasan Kota Tua selama bulan Juni 2019. Para pengunjung yang terdiri dari turis maupun warga lokal mengaku sangat senang dengan bus listrik ini.

Selain diberi kesempatan untuk naik gratis, kendaraan ini juga dirasa sangat tenang karena menggunakan tenaga listrik. Tak hanya itu, spot pemberhentian bus juga strategis dan mencangkup semua destinasi favorit di Kota Tua. Itu sebabnya kendaraan ini disambut antusias oleh semua kalangan.

Mampu Berjalan Hingga 250 Kilometer

Image may contain: sky and outdoor
Bus listrik via Instagram/sa_unine

Bus listrik yang satu ini memiliki keunikannya tersendiri. Berkapasitas 324 KWh, moda transportasi tersebut difasilitasi dengan kemampuan “fast charging“, di mana dayanya mampu terisi selama kurang lebih selama 2-3 jam. Tak hanya itu saja. Bus ini mampu melayani operasional dengan jarak tempuh maksimal 250 kilometer! Keren, bukan?

Pelopori Kendaraan Bebas Polusi Udara dan Suara

Image may contain: bus and outdoor, possible text that says 'BUS LISTRIK TRANSDAKARDA Tanpa Knalpot yang Berisik, Segarkan Udara Kotoku transjakarta KPBB'
Slogan bus listrik Transjakarta via Instagram/koalisipejalankaki

Sejak didirikan di tahun 2005, Transjakarta berupaya menjadi pelopor kendaraan umum yang hemat energi dan ramah lingkungan. Semua itu sudah tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara ke DPRD DKI.

Image may contain: sky and outdoor
Siap beroperasi via Instagram/achmad_noer_cholis

Dalam pasal 20 ayat 1 disebutkan bahwa semua angkutan umum dan kendaraan operasional Pemprov DKI wajib menggunakan bahan bakar gas, salah satunya adalah Transjakarta. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor.

Selain itu, Transjakarta juga melakukan serangkaian inovasi hemat energi. Contohnya seperti menggunakan panel surya di tiap halte bis hingga pengadaan bus listrik secara masif.

Tersedia hingga Januari 2020

Image may contain: outdoor and text
Media promosi Transjakarta via Instagram/pt_transjakarta

Nah, moda transportasi ini sedianya akan menemani Liburan Natal dan Tahun Baru wisatawan di Monas. Bagi Teman Traveler yang juga ingin naik bus listrik gratis, kalian bisa mencobanya mulai hari Selasa, 24 Desember 2019 hingga Kamis, 2 Januari 2020. Jamnya dibatasi hanya dari pukul 10.00-18.00 WIB.

Image may contain: sky and outdoor
Sudah siap berkeliling Monas via Instagram/mase_chal

Nantinya bus akan berkeliling di sekitar Monas. Jadi kalian bisa merasakan sensasi naik kendaraan listrik sambil memandang kemegahan monumen kebanggaan Jakarta tersebut. Jadi, tunggu apalagi? Karena waktunya terbatas, yuk segera merapat ke Monas!

Tags
Akomodasi bus listrik gratis transjakarta Indonesia info terbaru Jakarta transjakarta wisata jakarta
Share