Pilihan Tempat Wisata Terbaik Bulan Juni Rekomendasi Travelingyuk

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram mattatour Via Instagram mattatour

Saat berkunjung ke suatu daerah atau tempat, salah satu hal yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah event atau festival budaya yang berlangsung. Kali ini, Travelingyuk bakal memberikan 5 rekomendasi tempat wisata berdasarkan event wisata bulan Juni 2018 yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dan Dinas Pariwisata. Apa saja event menarik yang rekomended banget buat didatangi? Nah, berikut ini festival budaya bulan Juni 2018, catat tanggalnya ya!

Pekan Raya Jakarta, DKI Jakarta

PRJ, Via Instagram pekanrayajakarta.id
PRJ, Via Instagram/pekanrayajakarta.id

Tahun ini, Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau yang sering juga disebut dengan Jakarta Fair Kemayoran akan dihelat lebih awal dari tahun 2017 yang lalu. Tahun yang lalu digelar pada 8 Juni 2017. Namun di tahun 2018 ini mulai pada tangga 23 Mei-1 Juli 2018. Lokasinya berlangsung di International Expo Kemayoran. Ini merupakan perayaan yang ke-51. Festival satu ini sudah seperti menjadi ikon Jakarta yang telah terselenggara sejak tahun 1968 yang lalu.

Pekan Raya Jakarta, Via Instagram sianto2092
Pekan Raya Jakarta, Via Instagram/sianto2092

Untuk mengingatkan, PRJ ini merupakan jenis pameran perdagangan dan pertunjukan terbesar di Indonesia. Satu hal lagi, ini juga merupakan perayaan yang berlangsung kurang lebih selama 1 bulan lamanya. Maka dari itulah, ini pun menjadi salah satu event penyelenggaraan terlama di Asia Tenggara.

Festival Tenganan, Bali

Tradisi Mekare-kare, Via Instagram hareyashuananda
Tradisi Mekare-kare, Via Instagram/hareyashuananda

Festival lainnya yang tidak kalah menarik di bulan Juni adalah yang berlangsung di Bali yang bernama Festival Tenganan. Ini merupakan sebuah festival yang berisi perang pandan yang terjadi di Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Ini adalah tradisi kuno penduduk lokal yang disebut sebagai Mekare-kare dan megeret pandan. Ini merupakan ritual yang digelar secara massal yang didedikasikan untuk dewa perang dan langit Hindu, Indra. Festival di Bali ini dilakukan pada 7-8 Juni 2018.

Festival Pesona Budaya Asmat, Papua

Festival Pesona Budaya Asmat, Via website/sportourism.id
Festival Pesona Budaya Asmat, Via website/sportourism.id

Selanjutnya pada tanggal 19-23 Juni 2018 dilangsungkan Festival Budaya Asmat tahunan. Sebagai provinsi yang terletak paling timur Indonesia, Papua memiliki Suku Asmat yang terkenal memiliki kemampuan untuk membuat ukiran tanpa sketsa apapun. Festival ini menyoroti ukiran halus orang Papua yang dibintangi ratusan pemahat dan juga penari tradisional dari Suku Asmat.

Bakar Tongkang, Riau

Bakar Tongkang, Via Instagram ceritadestinasi
Bakar Tongkang, Via Instagram/ceritadestinasi

Guna menghormati nenek moyang dan melestarikan tradisi yang sudah lama berlangsung, kelompok etnis Tionghoa yang berada di Bagansiapi-api kembali menggelar Festival Bakar Tongkang tahun 2018 ini. Tepatnya akan dilangsungkan pada tanggal 28-30 Juni 2018 di Bagansiapi-api, Riau.

Yadnya Kasadha Bromo Exotica, Jawa Timur

Yadnya Kasadha, Via Instagram hellomisternet
Yadnya Kasadha, Via Instagram hellomisternet

Festival lainnya ada Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica. Ini merupakan upacara yang dilakukan Suku Tengger setiap bulan kesepuluh kalender adat. Lokasinya berada di lereng dan akwah Gunung Bromo. Upacara ini sebagai simbol rasa syukur dan perayaan awal waktu. Perayaan ini bakal terleaksana pada tanggal 29-30 Juni 2018.

Catat tanggalnya dan tandai di kalender. Siapa tau aja kamu memiliki kesempatan untuk melihat festival-festival tersebut.