Tradisi Idul Adha di Jawa Ini Bikin Liburan Panjangmu Seru, Mau Lihat yang Mana?

Idul Adha sudah di depan mata, nih. Apakah Teman Traveler punya rencana untuk merayakannya selain dengan keluarga? Coba perhatikan deretan tradisi Idul Adha di Jawa yang bisa jadi alternatif seru. Salah satunya berada di Jogja, kota kenangan yang selalu membuat rindu untuk kembali. Nah, yuk lihat ada acara apa saja yang bisa memeriahkan hari liburmu.

1. Kirab Grebeg Besar Kraton Solo

Grebeb besar kraton Solo via Instagram @wonderfulsolo

Salah satu tradisi Idul Adha yang sudah melegenda adalah Kirab Grebeg Besar Kraton Solo. Acara ini diadakan pada 10 Dzuhijah atau tanggal 12 Agustus 2019. Acara ini berisi arak-arakan gunungan berisi hasil bumi yang akan diperebutkan oleh pengunjung.

Rute kirab gunungan berawal di Sithinggil, melewati Alun-alun Utara, menuju Masjid Agung Solo. Setelah itu, takmir masjid akan mendoakan gunungan tersebut, lalu dibagikan.

2. Karapan Sapi Madura

Karapan Sapi anak Madura via Instagram @muchamadkahfi

Kalau yang satu ini selalu menjadi tradisi Idul Adha yang besar di Madura. Event ini selalu menarik perhatian masyarakat Madura karena kompetisi karapan sapi awalnya dilakukan antar kecamatan, antar kota hingga akhirnya antar pulau Madura.

Karapan sapi tidak cuma dilakukan oleh orang dewasa, karena banyak sekali pilihan kategori. Jadwal acara bisa berubah sewaktu-waktu, jadi kamu harus selalu pantau infonya. Dikutip dari pulaumadura.com berikut adalah jadwal karapan sapi mulai agustus hingga oktober : 

Jadwal karapan sapi via pulaumadura.com

3.  Mantenan Sapi Pasuruan 

Sapi yang didandani pengantin sebelum disembelih via Instagram @tengok.id

Tradisi ini cukup unik untuk disaksikan. Bisa menambah kesan saat Teman Traveler berlibur ke Pasuruan. Hewan kurban sapi dan kambing seperti mendapat penghormatan terakhir sebelum disembelih. Hewan tersebut diperlakukan layaknya seorang pengantin, yaitu dimandikan terlebih dahulu, dipakaikan baju dan hiasan.

4. Gunungan Grebeg Besar Yogyakarta

Gunungan Grebeg via Instagram/ yullywidianto

Tradisi Idul Adha ini rutin dilakukan oleh Keraton Yogyakarta. Hampir sama dengan Grebeg Besar di Solo, ada arak-arakan hasil bumi yang akan diperebutkan oleh masyarakat yang datangi. Dimuat dari Instagram @ferando_dondo, arak-arakan hasil bumi yang dikelilingkan bermakna rasa syukur atas pemberian Tuhan dan diperkenankan untuk diambil oleh masyarakat yang berarti hasil alam akan membawa keberkahan. 

Nah, itu tadi deretan tradisi Idul Adha di Jawa yang bisa Teman Traveler pilih untuk menambah kenangan. Sekali-kali boleh coba rayakan hari raya di tempat baru. Bagaimana, berani coba?

Tags
Indonesia jadwal karpan sapi Wisata Indonesia wisata jawa wisata jogja Wisata Madura wisata pasuruan Wisata Solo
Share