Ini Dia Daftar Event di Bali Periode Mei – Juni, Bikin Liburanmu Makin Bermakna

Belum punya rencana untuk liburan selanjutnya? Kamu bisa kembali ke Bali yang memang tidak pernah membosankan. Agar liburan kali ini jadi lebih berkesan, kamu bisa mencocokkan jadwal dengan berbagai event di Bali periode Mei – Juni. Sekali-kali jalan-jalan sambil menambah pengalaman baru, seru juga kan? Akan ada apa saja, ya? Catat daftarnya.

1. Blues Bali Festival 2018

Blues Bali Festival
Blues Bali Festival via Instagram/@balibluesfestival

Pecinta musik wajib datang nih ke acara Blues Bali Festival yang rencananya akan digelar pada tanggal 11-12 Mei 2018 mendatang. Acara full musik ini akan diadakan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Event musik tahunan ini akan bertabur musisi blues, baik tingkat nasional maupun seniman lokal Pulau Dewata. Kalau berniat menghadiri acara keren ini, cari saja tempat menginap di sekitaran Nusa Dua.

2. Galungan

Acara Galungan di Bali
Acara Galungan di Bali via Instagram/@soes_ersa

Galungan merupakan salah satu hari raya terbesar umat Hindu. Ini merupakan peringatan atas terciptanya alam semesta beserta isinya. Tahun ini, Galungan jatuh pada tanggal 29-31 Mei 2018. Ada serangkaian acara yang dilakukan masyarakat Bali untuk menyambut Galungan. Di antaranya adalah Tumpek Uduh, yaitu pemujaan pada Sang Hyang Sangkara, Dewa Kemakmuran dan Keselamatan Tumbuh-tumbuhan. Kamu akan melihat setiap pohon dan tumbuhan diberi banten (sesaji).

3. Perang Pandan

Perang Pandan di Bali
Perang Pandan di Bali via Instagram/@halopejati

Selain alam yang indah, Bali juga dianugerahi kekayaan warisan adat dan budaya. Salah satunya adalah Perang Pandan yang masih dijaga turun temurun kelestariannya oleh Desa Adat Tenganan Pegringsingan, Karangasem, Bali. Seperti namanya, senjata yang digunakan adalah pandan berduri yang diikat. Upacara ini hanya boleh dilakukan oleh pria yang sudah masuk dewasa. Perang Pandan bisa disaksikan di Karangasem pada tanggal 8 dan 30 Juni 2018.

4. Mekotekan

Mekotekan di Bali
Mekotekan di Bali via Instagram/@demoksha

Event di Bali periode Mei – Juni 2018 lainnya yang bisa dinikmati adalah Mekotekan. Ini merupakan salah satu tradisi tolak bala dari Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali yang bermaksud memohon keselamatan. Upacara ini dilaksanakan setiap 6 bulan sekali (210 hari sekali) sesuai kalender Bali. Penasaran? Datang saja ke Munggu Village, Mengwi pada tanggal 9 Juni 2018. Acara ini juga berkaitan dengan Hari Raya Kuningan.

5. The Bali Art Festival

Pusat Kesenian Bali
Pusat Kesenian Bali via Instagram/@putraerjana

Ada lagi acara yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Pusat Kesenian Bali. Acara tahunan ini rencananya akan digelar mulai tanggal 16 Juni – 14 Juli 2018 mendatang. Akan ada puluhan pertunjukan kesenian dan budaya yang ditampilkan pada acara ini. Merupakan kesempatan emas jika bisa menyaksikan acara tahunan di mana kebudayaan dari seluruh bagian Bali akan ditampilkan. Yakin mau ketinggalan event sekeren ini?

Nah di atas tadi adalah daftar event di Bali periode Mei – Juni 2018 yang bisa membuat liburanmu makin berkesan. Catat tanggalnya dan cocokkan dengan jadwal travelingmu. Selamat bersenang-senang?

Tags
Bali even mei juni Indonesia Wisata
Share