Es-es Legendaris di Surabaya, Seger Untuk Takjil Buka Puasa

Advertisement

Salah satu tanda-tanda Ramadan sudah dekat adalah munculnya iklan sirup dengan es-es menggoda di televisi. Minuman dingin memang paling nikmat untuk sajian takjil, apalagi bagi warga muslim di Surabaya yang terkenal berudara panasnya. Nah, mending catat 5 tempat es legendaris yang wajib dicoba satu persatu untuk buka puasamu. Sudah siap?

Zangrandi Ice Cream

Rum Raisin Zangrani Ice Cream
Rum Raisin Zangrani Ice Cream [image source]
Zangrandi Ice Cream merupakan salah satu kedai legendaris di Kota Pahlawan. Tak hanya kesegaran es-nya yang melegenda, tapi karena tempat ini juga kaya akan sejarah. Zangrandi sudah ada sejak kurang lebih 80 tahun lalu. Menikmati es krim di sini bisa sambil nostalgia dengan Surabaya tempo dulu. Meski pilihannya beragam, jangan lupa mencicipi es jadul yang ada sejak jaman nenek kita. Setelah menyantap es untuk membatalkan puasamu, beri jeda sejenak sebelum makan yang lebih berat agar perutmu tidak begah.

Zangrandi Ice Cream
Zangrandi Ice Cream [image source]
Zangrandi Ice Cream

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 17530

Es Teler Pacar Keling Dan Bakso “Pak No”

Es Teler Pak No
Es Teler Pak No [image source]
Kalau bertanya pada warga setempat tentang kuliner Surabaya yang enak, pasti ada yang menyebut Es Teler Pacar Keling Pak No. Warung milik Pak Mujiono ini sudah berdiri sejak tahun 1978. Ada beragam minuman segar yang ditawarkan, seperti es campur dan jus buah. Daripada hanya makan takjil, boleh nih sekalian coba bakso dan mie pangsit. Bahkan ‘mangkoknya’ juga bisa disantap, lho. Bagi yang ingin mencicipi menu lain, jalan kaki 5 menit dari Pak No, ada Sate Solo Pak Dono yang enak.

Bakso dan Es Teler Pak No
Bakso dan Es Teler Pak No [image source]
Bakso dan Es Teler Pacar Keling Pak No

Lokasi: Jl. Penataran No.2, Pacar Keling, Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131

Es Teler & Bakso Tanjung Anom

Bakso dan Es Teler Tanjung Anom
Bakso dan Es Teler Tanjung Anom [image source]
Jangan mengaku orang Surabaya kalau belum pernah merasakan sendiri kesegaran Es Teler Tanjung Anom. Memang, cara paling sempurna menikmati minuman ini adalah sambil makan bakso. Namun, jika sudah bosan dan ingin mencoba menu lain, Lontong Balap Pak Gendut yang sangat terkenal di jalan Kranggan, bisa banget jadi pilihan.

Bakso dan Es Teler Tanjung Anom Surabaya
Bakso dan Es Teler Tanjung Anom Surabaya [image source]
Bakso dan Es Teler Tanjung Anom

Lokasi: Jl. Tanjung Anom No.15, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275

Es Campur Tidar

Segarnya Es Campur Tidar
Segarnya Es Campur Tidar [image source]
Es Campur Tidar juga termasuk salah satu kedai minuman dingin yang sangat terkenal di Surabaya. Sirup yang digunakan kedai di jalan Tidar ini mempunyai rasa khas yang bikin kangen. Selain menu ini, ada juga es kacang ijo yang segarnya bisa melegakan dahaga karena puasamu seharian. Jangan lupa juga mencoba pedasnya Mie Pecun yang berjarak 3 menit  jalan kaki dari kedai Es Campur Tidar. Murah meriah, tapi kenyang dan bahagia. Setuju, kan?

Es Campur Tidar
Es Campur Tidar [image source]
Es Campur Tidar

Lokasi:  Jl. Tidar, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251

Es Teler 77

Es Teler 77
Es Teler 77 [image source]
Rasanya, hampir di setiap kota memiliki cabang dari Es Teler 77. Di Surabaya saja terdapat sekitar 4 cabang yang tersebar di seluruh penjuru kota. Ini memudahkan pelanggannya untuk menikmati kesegeran minuman dingin ini. Lezatnya Es Teler 77 tak perlu diragukan lagi. Kedai ini biasanya juga menyediakan menu mie untuki santapan berbuka puasamu. Mantap!

Es Campur di Es Teler 77
Es Campur di Es Teler 77 [image source]
Es teler 77

Lokasi
– ITC Surabaya Mega Grosir, Jl. Gembong No. 20 – 30 Simokerto, Surabaya
– Tunjungan III Plaza, LG Fl, Jl. Jend. Basuki Rachmad No. 8 – 12
– Carrefour Express Ahmad Yani, Jl. Raya A. Yani No. 260
– Surabaya Plaza, G Fl, Jl. Pemuda No. 33 – 37

Nah, ada banyak pilihan es segar yang bisa dicicip untuk takjil buka puasa, kan. Coba satu persatu selama bulan Ramadan dan ajak serta sahabat atau mama tersayang untuk nostalgia. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner surabaya Ramadan
Share