Es Krim Nyleneh di Indonesia, Ada yang Tawarkan Rasa Nasi Padang!

Bicara soal es krim, apa yang pertama terbayang dalam pikiran ketika bicara soal rasa? Mungkin coklat, strawberry, atau pisang. Namun bagaimana jadinya jika ada es krim yang menawarkan rasa aneh seperti nasi padang atau nasi uduk? Memikirkannya saja bisa jadi akan membuat kebanyakan orang mengernyitkan alis. Bagaimana bisa makanan tradisional seperti nasi padang dan uduk dikemas dalam bentuk es krim yang identik dengan rasa manis. Daripada penasaran, berikut adalah deretan es krim nyleneh di Indonesia.

1. Rasa Nasi Uduk

Gelato rasa nasi uduk di eskimomo via Instagram eskimomo.id

Jika sudah bosan makan nasi uduk dengan cara biasa, boleh mencoba es krim dengan rasa serupa di eksimomo. Kedai es krim yang terletak di Plaza Kuningan ini memang menawarkan sejumlah pilihan rasa unik untuk menggugah minat pelanggannya. Salah satunya adalah es krim rasa nasi uduk. Untuk membuat rasanya semirip mungkin dengan aslinya, eskimomo menyajikan es krim ini lengkap dengan cookies melinjo, teri karamelisasi, puding beras, dan juga selai cabai.

2. Rasa Temulawak

Ragam pilihan rasa gelato di de Boliva Ice Cream via Instagram de_boliva

Temulawak adalah salah satu tumbuhan tradisional yang sudah lama dikenal punya banyak manfaat kesehatan. Umumnya digunakan sebagai tambahan bumbu masakan maupun dijadikan sebagai bahan utama membuat jamu. Namun di tangan Andre Soejoto, temulawak berhasil ia sulap menjadi es krim ala Italia alias gelato. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya, pemuda asal Surabaya ini sukses menciptakan gelato temulawak dan menjadi juara di ajang World’s Best Gelato. Bagi yang tertarik mencicipi gelato temulawak bikinan Andre, bisa langsung meluncur ke de Boliva Ice Cream & Restaurant yang ada di Surabaya. Satu scoop gelato herbal dibandrol dengan harga 17 ribu rupiah saja.

3. Rasa Rendang

Ragam pilihan gelato di Ademuy Gelato via Instagram ademuygelato

Rendang selalu jadi lauk favorit para penggemar nasi padang. Bumbu rendang yang begitu meresap dalam daging, ditambah sensasi rasa tajam sedikit pedas, membuat hidangan satu ini punya banyak fans di Indonesia. Namun bagaimana jadinya jika rendang dijadikan es krim? Well, tidak perlu penasaran karena gerai Ademuy Gelato sudah punya jawabannya. Mereka yang tertantang untuk mencoba gelato rendang bisa langsung datang ke tempat yang berada di Sariharjo, Sleman ini.

4. Rasa Martabak

Ingin tahu seperti apa rasanya jika martabak dijadikan es krim? Datang saja ke Locarasa yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta. Usaha ini sebelumnya dikenal dengan nama Warung Kopi Sruput, namun belakangan memutuskan untuk tampil dengan konsep dan brand anyar.

Pilihan gelato Nusantara di Locarasa via Instagram locarasa

Menu utama Locarasa adalah gelato alias es krim ala Italia dengan beragam rasa. Varian yang ditawarkan bisa berubah-ubah tergantung tren. Namun beberapa rasa unik yang jadi favorit pelanggan bakal tetap dipertahankan, salah satunya rasa martabak. Harganya juga tidak terlalu mahal. Ukuran 100 gram dibandrol 20 ribu rupiah, sementara ukuran 200 gram bisa ditebus dengan 25 ribu rupiah saja. Tertarik?

5. Rasa Klepon

Ragam varian gelato di Fiore di Gelato via Instagram fioredigelato

Klepon adalah makanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari tepung beras. Biasanya bagian dalamnya diisi saus gula jawa dan disajikan lengkap dengan taburan kelapa parut. Namun siapa sangka jika klepon ternyata juga bisa dinikmati dalam bentuk es krim. Sensasi unik itu bisa didapatkan di Fiore di Gelato yang ada di Senopati, Jakarta. Lokasinya ada di satu bangunan yang sama dengan Sugabites Patisserie. Selain rasa klepon, sejumlah Fiore di Gelato juga menawarkan varian unik lainnya seperti pisang goreng coklat keju, sereal, dan Thai thea.

Itulah tadi daftar sejumlah es krim yang rasanya terinspirasi dari beberapa masakan dan kue tradisional Indonesia. Bagi yang ingin menikmati kesegaran es krim dengan sensasi lain dari biasanya, tidak ada salahnya untuk mencicipi satu-persatu semua hidangan tersebut.

Tags
Es krim Indonesia Jakarta kuliner Surabaya Yogyakarta
Share