Uniknya Nama Es Khas Riau, Sudah Pernah Coba?

Melancong ke Riau memang menyenangkan. Namun, teriknya matahari siang bolong pasti bikin Teman Traveler tergiur untuk minum es. Kalau es nya punya nama yang unik banget, pasti penasaran banget dong buat cobain. Ini dia, uniknya 4 nama es khas Riau.

1. Es Air Mata Pengantin

es air mata pengantin
Es Air Mata Pengantin via Instagram @murlinafitri

Dilihat dari namanya, minuman segar yang satu ini sepertinya bikin terenyuh ya. Namun tenang saja, es yang satu ini malah bikin Teman Traveler enjoy kok sama kesegarannya. Es air mata pengantin khas Riau ini berisi buah blewah, selasih, dan nata de coco loh.

2. Es Laksamana Mengamuk

Ternyata, nama dari es ini gak asal-asalan aja loh. Nama es air mata pengantin berasal dari kebiasaan masyarakat Riau yang menyajika es air mata pengantin pada acara yang bahagia di perayaan keluarga, seperti pada pesta pernikahan. Makanya, minuman yang satu ini akhirnya diberi nama es air mata pengantin.

es laksamana mengamuk
Es Laksamana Mengamuk via Instagram @wicekosin

Kalau es yang satu ini, ternyata namanya berasal dari cerita rakyat di Kepulauan Riau loh. Konon dahulu kala, ada seorang laksamana yang sedang mengamuk di sebuah kebun mangga karena istrinya telah dibawa kabur seseorang. Sang laksamana pun menghujamkan pedangnya ke seluruh penjuru kebun untuk menuntaskan amarahnya. Oleh warga sekitar, buah-buah mangga yang ditebas oleh sang laksamana pun dikumpulkan untuk dijadikan es yang segar.

Walaupun memiliki nama yang identik dengan amarah, es laksamana mengamuk ini malah memiliki rasa manis yang legit. Rasa manis dan legitnya tentu saja berasal dari buah mangga yang diolah bersama dengan santan dan gula.

3. Es Mak Inang Sayang

es mak inang sayang
Es Mak Inang Sayang via Instagram @https://www.instagram.com/nidarudi

Siapa sih yang tidak suka minum es yang berisi buah-buahan? Karena selain segar, tentu banyak manfaat kesehatan yang bisa Teman Traveler dapatkan. Salah satunya adalah es mak inang sayang khas Kepulauan Riau yang satu ini.

Minuman Riau yang satu ini terbuat dari buah nanas rebus dan buah apel yang dipotong dadu. Biar makin segar, es mak inang ditambah dengan potongan agar-agar, sirup jeruk, biji selasih, dan es batu.

4. Es Lancang Kuning

es lancang kuning
Es Lancang Kuning via Instagram @rydhoe.01

Nama es unik khas Riau yang terbuat dari buah mangga yang satu ini sama sekali tidak berhubungan dengan perilaku tercela kok. Nama es lancang kuning sendiri diambil dari logo Provinsi Riau berupa gambar perahu yang memiliki lancang berwarna kuning.

Agar es lancang kuning semakin nikmat untuk dinikmati, buah mangga yang menjadi bahan utamanya perlu diblender dahulu bersama es batu dan gula. Baru kemudian ditambahkan beberapa buah mangga yang sudah dipotong dadu, nata de coco, dan daun mint sebagai hiasan. Terlihat cantik sekali, bukan?

Selain menyegarkan, uniknya nama es khas Riau ini ternyata memiliki banyak makna sejarah ya. Jadi tidak hanya rasa haus yang tersegarkan, Teman Traveler juga bisa menambah wawasan. Dari 4 es dengan nama unik itu, sudah pernah coba yang mana?

Tags
Indonesia Minuman Khas Riau unik
Share