Minuman Khas Riau, Sensasi Kesegaran Rasanya Bikin Terpukau

Riau adalah salah satu provinsi yang terdapat di Sumatera. Daerah ini merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki ragam minuman khas yang cukup bervariasi. Mulai dari laksamana mengamuk sampai dengan air mata pengantin, berikut ini ragam minuman khas Riau yang bisa kamu coba kenikmatannya jika bertandang ke sana.

Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk, Via Instagram tity_bouty_tfb
Es Laksamana Mengamuk, Via Instagram tity_bouty_tfb

Ragam minuman pertama yang memiliki nama unik dari Riau adala es laksamana mengamuk. Ini merupakan minuman tradisional yang memanfaatkan mangga kuweni sebagai bahan utamanya. Konon, munculnya minuman ini lantaran adanya seorang laksamana yang mengamuk di kebun mangga kuweni. Minuman ini merupakan perpaduan antara buah manga kuweni, santan dan juga gula merah. Segar dan bikin dahaga segera lenyap.

Jus Tiga Rasa

Jus Tiga Rasa, Via Instagram ling_kelilink
Jus Tiga Rasa, Via Instagram ling_kelilink

Sebenarnya ini merupakan jus pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah bahan-bahan buah yang digunakan. Bahan-bahan buah ini tidak lazim, ada buah pepaya, pisang ambon dan juga jambu klutuk. Ketiga buah tersebut dicampur dan selanjutnya diberi tambahan gula, susu kental manis dan diblender. Ditambah es dan jeruk nipis semakin nikmat saja.

Es Air Mata Pengantin

Es Air Mata Pengantin, Via Instagram rennyasti
Es Air Mata Pengantin, Via Instagram rennyasti

Setelah ada es laksamana mengamuk, ada pula minuman lain yang memiliki nama yang tidak kalah uniknya, yakni es air mata pengantin. Ini merupakan es yang biasa terbuat dari agar-agar berwarna putih, selasih, sirup, dan es serut. Biasanya, minuman ini disuguhkan untuk acara-acara penikahan. Namun, meski begitu juga disajikan untuk dijual.

Air Tebu Nostalgia

Es Tebu Nostalgia, Via Instagram talagasampireun
Es Tebu Nostalgia, Via Instagram talagasampireun

Minuman satu ini terbuat dari bahan dasar tebu yang dicampur dengan jahe, kacang tanah dan kelapa muda. Bisanya juga ditambah dengan biji selasih. Diberi nama air tebu nostalgia lantaran juga menjadi doa agar kelak siapa saja yang mengosumsinya bisa selalu teringat dengan citarasanya dan kembali datang untuk mencicipinya.

Es Samudra

Es Samudera, Via Instagram mjsetiabudi
Es Samudera, Via Instagram mjsetiabudi

Minuman lain yang bisa dinikmati kelezatannya saat berada di Riau adalah es samudra. Ini merupakan minuman yang kuahnya terbuat dari campuran durian, santan dan sirup coco pandan. Lalu ditambah isian berupa rumput laut dan juga roti. Kuahnya memili rasa lezat yang sangat nikmat dengan isian yang bikin kenyang.

Jalan-jalan ke Riau kurang lengkap jika tidak berburu kuliner khasnya ya. Maka dari itulah, setidaknya cicipi minuman atau makanan khas Riau saat kamu jalan-jalan ke sana.

Tags
Indonesia minuman khas Riau Riau
Share