Kuliner Serba Es di Jogja, Lawan Panasnya Kota Pelajar dengan yang Segar-segar

Saat keliling kota Jogja di siang hari, terik matahari seringkali menyengat. Untuk menangkalnya, ada banyak cara enak yang diambil. Salah satunya adalah dengan minum yang segar-segar. Kota Gudeg ini menyimpan banyak macam es segar, baik yang populer ataupun yang legendaris. Berikut ini ada beberapa rekomendasi es di Jogja yang bisa untuk dicicipi kesegarannya.

Es Buah PK

Es Buah PK, via Instagram/gembulfoodie
Es Buah PK, via Instagram/gembulfoodie

Es Buah PK merupakan salah satu yang populer di Jogja. Tempat ini telah dirintis sejak tahun 1973. Meskipun sudah puluhan tahun berdiri, rasanya masih sama enaknya.

Penjual es ini mangkal di trotoar pinggir Jl. Pakuningratan, Cokrodinatan, Jetis, Jogja. Nama PK sendiri ternyata bukan berasal dari penjualnya, melainkan singkatan dari Pakuningratan. Menu utama yang banyak diburu adalah es buahnya. Harganya di bawah Rp10.000.

Es Murni

Es Teller Spesial Murni, via Instagram/ceritamakan
Es Teler Spesial Murni, via Instagram/ceritamakan

Selanjutnya ada Es Murni yang menjadikan es teler sebagai menu unggulannya. Di dalamnya ada cherry, alpukat, tape, agar-agar, kelapa muda dan juga astor. Es Murni ini bisa ditemukan di Jogja ataupun juga Magelang.

Yang berada di Jogja ada di Jl. Sagan 1060 dan di Foodcourt: Jogjaparadise, Toko Progo, Indogrosir, JCM, dan juga Hartono Mall. Untuk yang di Magelang, kamu bisa mendapatkannya di Jl. Sriwijaya 28, Ruko Prayudan. Harga es teler spesial dibanderol Rp21.000.

Es Teler Mendunia

Alpukat kocok, via Instagram/voilajogja
Alpukat kocok, via Instagram/voilajogja

Kamu penggemar alpukat? Datang saja ke Es Teler Mendunia yang berlokasi di Jl. Selokan Mataram, setelah jembatan berwarna hijau dari arah Gejayan Kanan jala. Bukanya mulai dari jam 08:00 hingga pukul 18:00.

Di sini menawarkan alpukat kocok dengan rasa yang begitu istimewa. Kombinasi maut nan menggoyang lidah. Ada alpukat, es serut, dan tak ketinggalan juga kental manis. Harganya hanya Rp10.000.

Es Cepot

Es Cepot, via  Instagram/jogjaculinary
Es Cepot, via Instagram/jogjaculinary

Lalu ada pula Es Cepot yang berlokasi di Jl. Beo, Demangan, Jogja. Tempat ini menawarkan beberapa menu utama, sebut saja es teller, es buah, dan es campur. Penyajian es di tempat ini memanfaatkan gelas piring benang dengan porsi yang tidak pelit.

Misalnya saja ada Es Cepot Sirup Frambozen, akan ada campuran buah alpukat, jelly, cincau, dan juga kelapa muda. Perpaduan yang enak dan menyegarkan.

Es Jaipong Kota Baru

Es Jaipong Kota Baru, via Instagram/jogjafoodhunter
Es Jaipong Kota Baru, via Instagram/jogjafoodhunter

Tidak kalah segar dan nikmat dari yang sebelum-sebelumnya juga ada Es Jaipong Kota Baru. Penyajiannya begitu memanjakan mata dan rasa bikin perut bahagia. Satu porsi es jaipong di sini biasannya akan ada hungkwe, tape singkong, mutiara, cinncau hitam, kemudian disiram menggunakan santan, es batu dan gula merah.

Kesegaran yang bisa bikin tenggorokan nyaman. Tempat di Jl. I Dewa Nyoman Oka, Jogja. Buka mulai jam 10:00 sampai habis. Datu porsinya dipatok Rp5.000.

Mau yang segar-segar untuk tangkal panasnya kota Jogja, pilihan di atas bisa diambil ya. Apakah sudah ada yang dicoba sebelumnya?

Tags
es di jogja Indonesia Jogja kuliner Jogja
Share