Segarkan Panasnya Surabaya dengan Es Dawet Kudus Cak Minto

Surabaya terkenal dengan udara panasnya. Tapi, liburan ke Kota Pahlawan bukanlah pilihan salah. Apalagi ketika berbicara kuliner khasnya. Tak susah menemukan yang enak dan menggoyang lidah. Termasuk esnya yang menyegarkan lidah dan tenggorokan. Salah satu yang bisa Teman Traveler coba adalah Es Dawet Kudus Cak Minto. Tentunya beda dengan dawet-dawet lainnya. Penasaran kan keunikannya?

Kedai Sederhana yang Jadi Rebutan

Kedai Sederhana Es Dawet Cak Minto
Kedai Sederhana Es Dawet Cak Minto via instagram/@mega.yun_xiao

Dawet yang lebih dikenal dengan nama cendol di Jakarta dan Jawa Barat punya rasa unik tersendiri. Rasanya makin istimewa ketika ditambah dengan bongkahan es batu. Nah, di Surabaya teman traveler dapat menemukan kuliner ini hampir di setiap sudut jalan. Namun, tetap saja ada yang kurang jika belum mampir ke Dawet Kudus Cak Minto di Jalan Mayjen Sungkono No. 5, Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya. Kedai ini terkenal dan selalu ramai pengunjung. Apalagi ketika jam makan siang datang, bakal siap-siap rebutan dengan pembeli lainnya.

Terkenal Sejak Tahun 90-an

Terkenal sejak tahun 90-an
Terkenal sejak tahun 90-an via instagram/@surabayafoodies

Nama Dawet Kudus Cak Minto ini tidaklah asing bagi pecinta kuliner Surabaya. Selain rasa esnya yang nendang, kedai tersebut terkenal karena sudah lama berjualan, tepatnya buka pada tahun 1996. Kendati sudah bertahun-tahun jualan, rasa esnya tak berubah. Rahasia yang menjadi kelezatan kuliner ini adalah bahan pilihan yang digunakan. Konon, hampir semua bahan tersebut dibuat sendiri oleh Cak Minto atau Ruminto.

Isian Es yang Menggiurkan

Isi es dawet yang menggugah selera
Isi es dawet yang menggugah selera via instagram/@amazingindonesiafood

Porsi dawet milik Cak Minto terbilang sederhana. Disajikan dalam gelas, isinya berupa dawet, tape, santan, susu serta serutan es batu. Rasa manisnya tidak hanya berasal dari susu, tapi juga tambahan gula merah yang membuat rasanya makin istimewa. Sementara tekstur kuliner menyegarkan ini sedikit kental karena porsi susu yang cukup banyak. Untuk rasanya, tak perlu diragukan lagi. Sangat pas untuk udara Surabaya yang panas.

Camilan Istimewa di Kedai Cak Minto

Tambahan gula untuk es dawet
Tambahan gula untuk es dawet via instagram/@r47natjan

Menu andalan di warung ini boleh saja es dawet. Namun, teman traveler tidak hanya dapat menyeruput es segar berwarna merah muda ini, loh. Ada banyak camilan sederhana yang rasanya tak kalah menggoyang lidah. Ada sate-satean, gorengan, hingga jajanan pasar. Hingga saat ini, harga jajanan tersebut terjangkau dari Rp500 – Rp 2.000. Sementara es dawetnya dibanderol Rp7.000 per porsinya. Terjangkau banget bukan?

Nah, itulah ulasan tentang Es Dawet Kudus Cak Minto yang difavoritkan banyak orang. Penasaran dengan rasanya kan? Kedai ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Jika tak ingin antre lama-lama, sebaiknya hindari jam makan siang. Selain bisa duduk dengan tenang, tak perlu lama untuk antre.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner surabaya Surabaya
Share