Erista Garden Jogja, Kagumi Bunga Cantik Sambil Cicipi Nasi Biru

Annissa NCSaputri

Annissa NCSaputri

On Indonesia
Pecel dengan Nasi Biru di Erista Garden Pecel dengan Nasi Biru di Erista Garden

Teman Traveler sedang berkunjung ke Jogja tapi bingung hendak ke mana? Ada satu destinasi apik yang sayang dilewatkan. Berada di daerah Sleman, Erista Garden tak hanya menarik dipandang namun juga tawarkan berbagai keseruan. Apa saja ya?

Berlokasi di Daerah Pakem

Berlokasi di utara Jogja (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Erista Garden merupakan taman bunga di utara Jogja. Beralamat di Jalan Kaliurang Km.17, Pakembinangun, Pakem, Sleman, tempat ini terpisah jarak 17 kilometer dari pusat kota. Dari Tugu Jogja, Teman Traveler bisa ambil rute Jalan AM. Sangaji – Jalan Palagan Tentara Pelajar – Jalan Pakem Turi – Jalan Kaliurang yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.  

Suasana nyaman di pedesaan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski jauh, Teman Traveler tak perlu khawatir. Begitu sampai di Erista Garden, kalian bakal disuguhi nuansa menyenangkan. Jauh dari keramaian dan berada di sekitar persawahan, Erista Garden cocok dijadikan tempat untuk kabur sejenak dari hiruk pikuknya kota.

Buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 20.00, tempat ini bisa jadi salah satu opsi tempat hangout dan bersantap pagi hingga malam.  

Taman Bunga Menawan

Area taman luas dan asri (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki area ini, Teman Traveler akan disambut sungai kecil yang mengalir menuju depan taman. Aneka tumbuhan, baik dedaunan maupun bunga, tertata rapi. Membuat tampilan taman makin menawan.

Keberadaan bambu kuning dan beberapa pohon berkambium besar membuat ambience di kawasan ini terasa kian teduh. Kolam di tengah-tengah taman juga membikin suasana sekitar terasa adem.  

Aneka bunga cantik (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Erista Garden juga memiliki deretan koleksi bunga cantik untuk memanjakan para pecinta flora. Semuanya dipanjang rapi, dengan berbagai corak yang menarik perhatian. Teman Traveler bisa melihat eloknya, bunga asoka, matahari, portulaca, anggrek, begonia, mawar, angelonia, marigold, kastuba, celosia, knop, salvia, dan masih banyak lagi.

Bagi yang ingin membawa pulang salah satu bunga tersebut, bisa mampir ke Erista Agrimart. Di sini kalian bisa membeli tanaman favorit dan membawanya pulang untuk mempercantik rumah.

Beragam Keseruan Menanti

Sediakan paket lava tour (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Banyak keseruan bisa Teman Traveler lakukan di sini. Selain menikmati indahnya taman dan suasana tentram, pengunjung bisa menjajal asyiknya outbond, kemping, hingga lava tour.

Bagi yang ingin merasakan liburan bernuansa edukatif, tersedia paket pelatihan mengenai tanaman. Teman Traveler akan diajak menjajal proses pembibitan hingga perawatan tumbuhan.

Tersedia camping ground bagi pengunjung yang ingin merasakan bermalam dengan sensasi menyatu bersama alam. Berminat menguji adrenalin? Rasakan serunya paket lava tour Merapi bersama keluarga maupun sahabat.

Bersantap di Griyo Dhahar

Rumah makan bernuansa alami (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Selain berjalan-jalan dan ikuti aneka kegiatan seru, Teman Traveler juga bisa lho memanjakan perut di Erista Garden. Cukup mampir ke Griya Dhahar, restoran di sisi barat taman yang mengusung konsep ruang terbuka.

Di sini Teman Traveler bisa memilih aneka menu masakan khas Nusantara, minuman, serta camilan. Kalian bisa memesan menu paket nasi putih/biru, dengan tambahan pecel, lele, atau megono. Pilihan sayurnya juga beragam, mulai dari lodeh, sayur asem, cah kangkung, sambel teri, gudangan, dan aneka oseng.

Semua menu dibanderol cukup murah. Menu paketan bisa ditebus dengan harga antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Sementara untuk sayuran dipukul rata Rp6.000 per porsi.

Cemilan andalan, tempe kemul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang hanya ingin sekedar ngemil, menu snack bisa jadi pilihan. Ada singkong goreng, bakwan, tempe kemul, tahu berontak, dan pisang goreng. Harganya bervariasi antara Rp6.000 hingga Rp8.000.

Dijamin puas karena meski murah, porsinya sama sekali tidak pelit. Teman Traveler bisa memesannya sebagai sharing menu untuk dinikmati bersama-sama.

Kuliner Andalan Unik

Nasi Biru (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari sekian banyak menu, dua yang jadi andalan Erista Garden adalah nasi biru dan es bunga telang. Nasi yang biasanya berwarna putih hadir dengan corak unik berkat ekstrak bunga telang. Alhasil, penampilannya terlihat begitu menggoda.

Nasi pecel biru (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari segi rasa, nasi biru tak ada bedanya dengan nasi biasa. Ekstrak bunga telang tidak memberikan tambahan sensasi apapun. Selain itu juga sangat aman untuk dikonsumsi.

Teman Traveler bisa memadukan nasi biru dengan aneka lauk serta sayur seperti ayam, pecel, lele, soto ayam, megono, nilai, tahu, tempe, maupun telur. Bagaimana, tertarik mencoba?

Es Telang Susu (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Setelah kenyang menyantap nasi biru, saatnya menyegarkan kerongkongan dengan es bunga telang. Signature beverage ini wajib dipesan ketika Teman Traveler berkunjung ke Erista Garden. Variannya pun beragam, mulai dari Es Telang Lemon, Telang Stroberi, Telang Susu, Telang Rosella, Telang Degan, hingga Telang Selasih. Masing-masing memiliki rasa khas. Diseruput siang hari, terasa sangat segar dan memanjakan lidah.    

Jangan lupa mampir (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Masuk Erista Garden tidak dipungut biaya sama sekali, Teman Traveler cukup membayar ongkos parkir. Pagi atau sore adalah waktu paling tepat untuk datang ke wisata Jogja ini. Bagaimana, ada yang tertarik habiskan waktu bersama teman maupun keluarga di Erista Garden? Selamat liburan.