Equal Coffee Malang, Ngopi Asyik dengan Nuansa Green Industrial

Hawa sejuk Malang agaknya bisa jadi salah satu alasan mengapa Kota Bunga belakangan dipadati beragam coffee shop. Menghangatkan diri sembari menyeruput secangkir kopi dan nongkrong di kafe memang cukup asyik, apalagi bersama teman. Salah satu kedai kopi yang wajib Teman Traveler sambangi adalah Equal Coffee Malang.

Berdiri sejak September 2016, coffee shop berkonsep industrial ini bisa kalian temukan di Jalan Dermo no 169, Dau. Yuk, simak pengalaman saya berkunjung ke sana beberapa saat lalu.

Barista Wanita

Barista wanita di Equal Coffee (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Profesi barista atau peracik kopi umumnya digeluti pria. Namun di Equal Coffee Malang, Teman Traveler akan menemukan pemandangan berbeda. Begitu masuk, kalian bakal disambut dua barista wanita ramah.

Dengan sigap mereka akan menanyakan pesanan Teman Traveler dan membuatkannya dalam sekejap. Sungguh menyenangkan, disambut dengan pelayanan sigap dan cepat.

Kopi Lokal Hasil Roasting Pemilik Kafe

Equal Coffee
Deretan kemasan kopi lokal (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Biji kopi yang digunakan di Equal Coffee Malang adalah kopi lokal. Beberapa ada yang berasal dari Jawa Timur atau wilayah lain di Pulau Jawa. Namun ada pula yang didatangkan jauh-jauh dari Sumatra.

Uniknya, semua biji kopi di sini di-roasting sendiri oleh Afif, pemilik Equal Coffee. Lulusan Universitas Muhammadiyah Malang itu bisa dua sampai tiga kali seminggu menggunakan mesin roasting buatan lokal, memroses semua biji kopi untuk kebutuhan kafenya. Sekali roasting, ia mengaku bisa menghabiskan total 10 kilogram biji kopi.

Menu Variatif dan Ramah Kantong

Equal Coffee
Kopi robusta Vietnam Drip (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Menu yang tersedia di Equal Coffee Malang cukup bervariatif, menyesuaikan jam buka kafe yang lumayan panjang, mulai pukul 08.00 hingga 01.30. Di sini Teman Traveler bisa memesan aneka racikan kopi, minuman non-coffee based, serta aneka snack dan main course.

Bagi para penikmat kopi single origin, bisa meminta metode brewing ala V60, Vietnam Drip, maupun aeropress. Segelasnya dihargai antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Salah satu kafe di Malang yang tak boleh dilewatkan, kan?

Equal coffee
Aneka Latte (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Sementara untuk minuman non-kopi, seperti latte, coklat, dan susu, dibanderol dengan harga tak kalah terjangkau. Berkisar antara Rp8.000 hingga Rp20.000. Takkan bikin kantong bolong deh.

Equal Coffee
Roti bakar keju dan kopi robusta Vietnam drip (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Bagi yang ingin nongkrong sambil cemal-cemil, Equal Coffee menyediakan aneka menu seperti roti bakar dengan aneka topping, risoles, kentang, tahu bakso, nugget pisang, dan masih banyak lagi. Masing-masing dibanderol di kisaran Rp10.000 hingga Rp13.000.

Equal coffee
English Breakfast dan Nasi Ayam Geprek Sambal Matah (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Untuk menu main course, kafe yang sudah berusia kurang lebih tiga tahun ini menghadirkan aneka menu nagih seperti olahan nasi, mie, dan pasta. Teman Traveler bisa coba memesan nasi ayam geprek sambal matah, english breakfast, papardelle cheese, atau spicy ramen noodle. Tiap menu tersebut dibanderol di kisaran Rp15.000 per porsi, cukup ramah kantong bukan?

Konsep Green Industrial

Equal coffee
Usung konsep green industrial (c) Dyah Kusuma Susanti/Travelingyuk

Bangunan dan interior kafe mengusung konsep green industrial yang unik. Tanaman hijau nampak tertata rapi di berbagai sudut. Elemen kayu dan besi diaplikasikan di meja dan kursi. Sementara itu, dindingnya sengaja hanya dilapisi semen dan setengah terbuka di bagian luar.

Equal coffee
Menghadap sawah (c) Dyah Kusuma Susanati/Travelingyuk

Area belakang kafe menghadirkan tempat duduk yang menghadap persis ke kawasan persawahan. Suasananya cukup asri dan menenangkan, dengan semilir angin memanjakan. Lantaran cukup luas, tempat ini juga sering digunakan beberapa komunitas lokal untuk berkegiatan.

Fasilitas Lengkap

Equal Coffee Malang juga menyediakan beragam fasilitas lengkap seperti area parkir luas, akses Internet gratis via WiFi, colokan listrik, toilet, dan mushola. Tentunya bakal bikin Teman Traveler makin betah nongkrong di sini.

Itulah pengalaman saya mengunjungi Equal Coffee, kafe asyik untuk mengerjakan tugas atau sekadar ngopi cantik. Jadi kapan nih, Teman Traveler menyusul datang ke sini?

Tags
kontributor kuliner malang Malang Travelingyuk
Share