Empal Gentong, Sajian Makanan Unik Khas Cirebon Yang Menggoda

Advertisement

Setelah diamati, sekilas makanan ini menyerupai soto dengan kuah kuning yang kental. Empal Gentong bisa kamu temukan ketika mengunjungi kota Cirebon, salah satu kota di Jawa Barat yang penuh dengan peninggalan bersejarah. Meski berasal dari kota Cirebon, namun makanan nikmat ini bukanlah kuliner asli Cirebon. Meski demikian, rasanya tidaklah sempurna ketika kamu berkunjung ke kota Cirebon namun tidak mencicipi satu menu makanan ini. Terasa begitu nikmat ketika kamu mencicipi empal gentong ini langsung di Cirebon.

Empal gentong Cirebon
Empal gentong Cirebon dengan kuah kental dan nikmat. Foto via masakapahariini.com

Banyak sejarah yang memaparkan, bahwa makanan ini mulai muncul ketika abad ke 15 masehi. Dimana tahun tersebut sebagai awal penyebaran agama Islam di daerah Cirebon. Hingga berbagai jenis makanan juga ikut disebarkan salah satunya empal gentong. Makanan ini dulunya terbuat dari daging kerbau akibat dari masyarakat dahulu menganut agama hindu yang menjadikan hewan sapi sebagai hewan sakral yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Sajian empal gentong dengan jerohan
Sajian empal gentong dengan jerohan sangat khas dengan budaya Thiongkok. Foto via cirebonhub.com

Namun, penyebaran Islam di Cirebon sangatlah mulus, hingga kini empal gentong dapat menggunakan daging sapi. Memang tampilan empal gentong ini lebih menyerupai gulai, namun sebenarnya dari olahan dan cita rasa sangalah berbeda. Empal Gentong sendiri biasanya dicampur juga dengan jerohan kedalamnya. Perpaduan makanan yang sangat mirip dengan budaya Arab, India, Cina serta lokal nusantara. Dimana budaya Arab dan India seringkali memasak menggunakan daging kerbau, dan Jeroan menjadikan khas Thiongkok, serta bumbu kaya rempah rempah adalah satu khas masakan nusantara.

Daging kerbau menjadi bahan utama empal gentong pada awalnya
Daging kerbau menjadi bahan utama empal gentong pada awalnya. Foto via tirto.id

Bahan-bahan yang digunakan cukuplah banyak, rempah rempah pilihan seperti daun jeruk, cengkih, kayu manis, kapulaga, lengkuas, jahe, daun salam, serai, kunyit, kucai, bawang goreng, dan kelapa setengah tua menjadikan aroma dan citarasa empal gentong ini sangat lezat.

Nah, untuk kamu yang sedang melancong ke Kota Cirebon, cobalah mampir k warung Empal Gentong H. Apud atau Empal Gentong Amarta. Kedua kedai ini menyajikan menu makanan Empal Gentong dengan rasa yang sungguh nikmat dimulut. Kelezatan bumbu yang kental dan daging yang empuk memberikan selera makan menjadi lebih semangat.

Advertisement
Tags
jelajah kuliner kuliner akulturasi Kuliner Cirebon Kuliner Nusantara
Share