Docang Cirebon, Dulu Digunakan untuk Racuni Wali Songo

Setiap kota di Indonesia mempunyai makanan khas masing-masing yang disertai dengan sejarahnya. Seperti makanan khas asal Cirebon bernama Docang ini. Makanan yang ada unsur kacang hijaunya tersebut memiliki histori sangat menarik. Pasalnya, digadang-gadang, makanan ini dulunya digunakan untuk meracuni para wali songo ketika menyebarkan ajaran Agama Islam.

Ini sejarah dari pembuatan Docang

docang cirebon
Digunakan untuk racuni wali songo via instagram/
cirebonmedia

Penyebaran Agama Islam yang dilakukan oleh Wali Songo ternyata tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan. Ada banyak kendala yang terjadi, khususnya orang-orang yang tidak menyukai para wali ini. Contohnya seperti salah satu pangeran di Cirebon yang tidak disebutkan namanya. Demi menggagalkan usaha dari para wali, ia nekat menghidangkan docang dan menambahkan racun di dalamnya. Kemudian ia menyajikan makanan tersebut ketika para wali berkumpul di Masjid Agung Keraton Cirebon. Namun, usaha si sultan pun gagal karena wali songo tidak menderita sakit apa-apa. Bahkan, mereka sangat menyukai makanan satu ini.

Begini asal mula penamaan Docang

docang cirebon
Docang berasal dari dua kata via instagram/
aboutcirebonfood

Docang ternyata bukan sembarang nama lho Teman Traveler. Docang merupakan gabungan dari dua kata. Do dari bodo yang artinya baceman dage atau oncom. Sedangkan Cang berarti cang dari kacang hijau yang telah berubah menjadi toge. Alasan mengapa kacang dan oncom yang dijadikan nama karena keduanya merupakan bahan makanan inti dari pembuatan docang.

Makanan sudah dikembangkan oleh para penduduk Cirebon

docang cirebon
Campuran Docang bertambah banyak via instagram/
nokjajan

Makanan yang dulunya sangat sederhana, kini bahannya sudah dikembangkan oleh para penduduk Cirebon. Sugan, salah satu penjual Docang mengatakan apabila bahan makanan ini sudah bertambah banyak.  campuran potongan lontong, parutan kelapa, daun singkong, daun kucai, toge, dan kerupuk. Bahan-bahan tadi kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom.

Digemari oleh penduduk Cirebon sendiri dan para wisatawan

docang cirebon
Diminati banyak orang via instagram/

Sampai saat ini, Docang masih digemari para penduduk Cirebon sendiri. Bahkan, mereka kerap menjadikan makanan ini sebagai santapan di pagi hari. Selain enak, Docang juga mudah ditemukan di mana-mana, karena sekarang sudah banyak orang yang berjualan makanan ini. Tapi, tak lupa juga, para wisatawan yang datang ke Cirebon juga mencari-cari makanan khas tersebut. Mereka penasaran bagaimana rasa dari makanan yang disukai oleh wali songo ini.

Ketika berkunjung ke Cirebon, jangan lupa menikmati makanan khas satu ini. Selain rasanya nikmat, dikabarkan kalau Docang juga mempunyai harga yang relatif terjangkau. Kira-kira makanan tersebut dibanderol dengan harga sekitar tujuh ribu rupiah.

Tags
Cirebon docang cirebon Indonesia Jawa Barat kuliner
Share