Waingapu, Kota Terbesar di Pulau Sumba dengan Alam yang Memesona

Waingapu adalah ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat. Namun jangan menganggap remeh, kota terbesar di Pulau Sumba ini memilik keindahan alam yang memukau. Nilai lebih lainnya adalah Waingapu tidak terlalu padat penduduk. Alhasil, destinasi wisata di kota ini pun masih bersih dan alami. Perbukitan yang indah, pantai yang bersih, hingga air terjun dapat ditemukan di sini.

Bukit Warinding

Lembah yang ditumbuhi savana, via instagram/@asri_vitaloka

Suasana tenang yang terdapat di sini seakan membuatmu ingin duduk lebih lama dengan beralaskan rumput atau rebahan sambil merasakan semilir angin. Saat sore hari, kamu dapat bertemu dengan anak-anak lokal yang sedang bermain sambil menggembala kuda atau domba. Ya, sore hari adalah waktu paling tepat untuk berkunjung ke sini.

Dari dekat bentuknya menyerupai Bukit Teletubies, via instagram/@jevrylo

Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu saat senja via instagram/@baktiarsontani

Watu Parunu memiliki pasir berwarna cokelat bersih dan garis pantai panjang yang berbentuk seperti huruf U. Keistimewaannya tak hanya dari pesisir, tapi juga tebing indah yang berada di kanan pantai. Tebing batu yang menjulang dan cukup panjang ini memiliki tekstur serupa dengan batuan yang diukir. Kamu juga bisa naik ke bukit agar dapat melihat panorama lautan sekaligus tebingnya.

Tebing baru di tepi pesisir Pantai Watu Parunu, via instagram/@novemlawalata

Air Terjun Tanggedu

Tebing batu dengan permukaan tumpul yang tidak membahayakan via instagram/@villa.amidala

Destinasi ini berada di bagian utara Kota Waingapu. Meskipun harus menempuh 2 kilometer dengan berjalan kaki, rasanya perjalanan tersebut worth it dengan apa yang akan kamu dapat setelah sampai di tujuan. Tebing-tebing berbatu dengan permukaan tumpul, serta air berwarna biru jernih, adalah pemandangan utama di tempat ini.

Air berwarnna biru di Air Terjun Tanggedu, via instagram/@yongki.rs

Pantai Walakiri

Sunset di Pantai Walakiri via instagram
Sunset di Pantai Walakiri via instagram/@galihtpoetra

Pantai Walakiri hanya berjarak 2,5 kilometer dari pusat Kota Waingapu. Pantai ini juga termasuk salah satu lokasi shooting dari film Pendekar Tongkat Emas garapan Mira Lesmana yang dibintangi oleh Nicholas Saputra. Di sini kamu dapat menemukan sunset unik dengan foreground bibit-bibit mangrove. Karakter ombaknya yang tenang membuatmu dapat bermain air dengan tenang.

Bibit-bibit mangrove yang berlum terlalu tinggi via instagram/@andrikilua

Keindahan alam di Nusa Tenggara Timur memang tak perlu dipertanyakan lagi. Destinasi yang ada di Kota Waingapu tersebut adalah contohnya. Yuk segera temukan tanggal merah dan siapkan kopernya!

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Sumba Waingapu Wisata
Share