5 Lembah di Indonesia dengan Pemandangan Luar Biasa

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak hanya kepulauan yang tersebar di setiap penjuru serta pesona bawah lautnya saja. Panorama terasiring sawah juga mampu menarik wisatawan untuk datang. Perbukitan dengan savana yang indah juga masih banyak ditemukan di Indonesia. Pada point berikut ini Travelingyuk akan membahas lembah-lembah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata di Indonesia.

1. Ngarai Sianok,Sumatera Barat

Jalan setapak yang membelah area persawahan via instagram
Jalan setapak yang membelah area persawahan via instagram/@bams_gusti

Pemandangan Ngarai Sianok dihiasi dengan persawahan yang masih begitu asri. Lembah ini memiliki juga memiliki ribuan anak tangga yang bernama The Great Wall of Koto Gadang. Destinasi wisata dengan bentuk yang menyerupai Tembok Besar Cina. Lokasinya berada di Koto Gadang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Meskipun ukurannya tak sebesar Tembok Besar yang ada di Cina, tempat ini sudah bisa memberikan gambaran The Great Wall yang ada di China.

2. Lembah Baliem, Papua Barat

Lansekap Lembah Baliem yang memukau via instagram
Lansekap Lembah Baliem yang memukau via instagram/@michael_huler

Papua Barat tak hanya mencakup keindahan bahari Raja Ampat. Namun provinsi ini juga memiliki Lembah Baliem. Lembah yang berada di lereng Pegunungan Jaya Wijaya, lokasinya berada di ketinggian 1.600 mdpl. Tempat tinggal Suku Dani ini memiliki udara yang masih sejuk dan pemandangan yang sangat alami. Luas wilayahnya memiliki panjang 80 kilometer dengan lebar 20 kilometer.

3. Lembah Pantunan, Pulau Bali

Terasiring sawah di Lembah Pantunan via instagram
Terasiring sawah di Lembah Pantunan via instagram/@madewedastra

Bali memang dikenal dengan keindahan pantai dan pesona bawah lautnya, juga terasiring persawahan. Namun Pulau Dewata juga memiliki pemandangan lembah yang tak kalah indah. Lembah Pantunan juga memiliki panorama terasiring sawah yang memesona. Meskipun belum setenar Tegallalang, pemandangan destinasi wisata yang belum terlalu padat ini patut dicoba.

4. Lembah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau yang telah dibentuk menjadi kawasan wisata via instagram
Lembah Harau yang telah dibentuk menjadi kawasan wisata via instagram/@lara_dwi_putri

Lembah Haru tersembunyi di balik bukit-bukit tebing yang menjulang tinggi. Membuat tempat ini seolah tersembunyi dan terisolasi. Namun masalah keindahan alamnya tak perlu dipertanyakan lagi. Tempat ini memiliki enam air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter. Lembah yang memiliki luas hingga 270 hektare ini juga merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan pada tahun 1993 silam.

5. Lembah Bada, Sulawesi Tengah

Salah satu patung megalitikum yang ada di Lembah Bada via instagram
Salah satu patung megalitikum yang ada di Lembah Bada via instagram/@martinulpan

Lembah Bada berada di Palu dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Tempat yang dikelilingi perbukitan ini memiliki keunikan tersendiri. Wilayahnya memiliki puluhan patung dan tempayang peninggalan era Megalitikum. Setidaknya terdapat 419 megalit ada di Lembah Bada. Patung-patung batu ini diperkirakan ada sejak abad ke-14.

Keindahan alam Indonesia memang tak perlu lagi dipertanyakan. Mulai gunung hingga bawah laut, semuanya memiliki panorama yang luar biasa. Seperti lima tempat yang telah disebutkan di atas. Apa destinasi wisata yang menarik di sekitar tempat tinggalmu?