Destinasi Wisata Paling Hits di Kalimantan Selatan, Tak Cuma Hutan

Kalimantan Selatan dikenal dengan kontur alam berupa lahan gambut dan rawa-rawa. Di bagian barat provinsi ini, masih terdapat banyak hutan tropis yang dilindungi oleh pemerintah. Walaupun tak jarang menjadi sasaran illegal logging. Namun di balik itu semua, Kalimantan Selatan juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah dengan sudut-sudut lain di Indonesia.

1. Danau Nes 12

Air berwarna biru muda [image source]
Danau Biru Nes 12 adalah salah satu dari sekian banyak bekas tambang yang memiliki keindahan tersendiri. Airnya memiliki warna biru yang tercipta karena sinar matahari dan tingginya kandungan asam, kedalamannya diperkirakan sekitar 300m. Terletak di Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dan berjarak sekitar 50 km atau dua jam berkendara dari Bandara Syamsudin Noor.

Danau bekas pertambangan [image source]

2. Pulau Samber Gelap

Gambar aerial Pulau Samber Gelap [image source]
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan lakukan di Pulau Samber Gelap, seperti berenang, berjemur, bersantai di pinggir pantai dan melihat pemandangan matahari terbenam. Jika kamu memiliki hobi memancing, tersedia pula spot-spot untuk mendapatkan ikan tenggiri dengan bobot besar. Selain itu, destinasi ini juga merupakan area konservasi penyu yang memiliki pemandangan bawah laut memesona.

Perairan Pulau Samber Gelap [image source]

3. Teluk Tamiang

Pantai Teluk Tamiang [image source]
Pantai Teluk Tamiang tergolong tak terlau ramai. Dengan air lautnya yang tenang serta semilir angin menyejukkan akan sekejap menghilangkan penat akibat aktivitas sehari-hari. Tak hanya berdiam di tepi pantai, kamu juga bisa menjelajahi pulau di sekitaran teluk dengan menyewa speed boat dan melakukan snorkeling di tengah perjalanan.

Pesisir Teluk Tamiang [image source]

4. Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan [image source]
Setelah tiga tempat sebelumnya membahas wisata air, saat ini kamu bisa menikmati perbukitan yang tak kalah eksotis. Bukit Matang Kaladan terletak di Desa Tiwingan Lama, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Dipenuhi dengan hamparan perbukitan hijau, pemandangan di sini cukup beragam. Kamu dapat menikmati keindahan Bendungan Riam Kanan sekaligus dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Pemandangan dari Matang Kaladan saat kabut [image source]
Dari danau hingga bukit, Kalimantan Selatan memang menyimpan potensi wisata yang tak kalah eksotis.Tertarik untuk menjelajah alam liar di Kalimantan Selatan?

 

Tags
Indonesia Kalimantan Selatan Wisata Alam
Share