Dari Bukit hingga Air, Ini Destinasi Wisata Menarik di Riau

Riau merupakan salah satu provinsi dalam Pulau Sumatera yang berada di pesisir Selat Malaka. Karena kekayaan alam seperti minyak bumi, karet, gas alam, dan kelapa sawit, Riau menjadi provinsi dengan pendapatan yang besar. Namun di samping itu, proses deforestasi masih marak terjadi dengan tujuan menjadikan hutan sebagai lahan baru untuk membuka perkebunan sawit dan produksi kertas. Meskipun begitu, Riau tetap memiliki beberapa destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi.

1. Ulu Kasok

Pemandangan daru Ulu Kasok via instagram/@nabilaasri_

Ulu Kasok adalah tiga desa yang ditenggelamkan guna dialih fungsikan menjadi PLTA Koto Panjang. Tempat ini juga sering mendapat julukan Raja Ampatnya Riau, karena terdapat pulau-pulau kecil yang tersebar. Dahulu kontur daerah ini terdiri dari perbukitan, pulau-pulau tersebut berasal dari puncak bukit yang tidak tenggelam.

Mendapat julukan Raja Ampat-nya Riau via instagram/@copizmanik

2. Puncak Mahligai Indah

Salah satu dpot berfoto di Puncak Mahligai Indah via instagram/@dedenpuga

Pemandangan yang ditawarkan tak jauh berbeda dari Ulu Kasok yang memiliki panorama pulau-pulau di PLTA Koto Panjang. Namun bedanya Puncak Mahligai Indah memiliki beberapa gardu pandang untuk spot berfoto. Tak hanya waduk buatan yang dapat menjadi latar belakang untuk berfoto, tapi juga lansekap perbukitan yang masih rimbun dengan pohon.

Pemandangan PLTA Koto Pulai via instagram/@gadingsantosa

3. Air Terjun Denalo

Kolam di Air Terjun Denalo via instagram/@firdha_utami

Air terjun Kembar Denalo berketinggian sekitar 20 meter. Dua sisi air terjun ini memiliki karakter masing-masing yang berbeda. Satu sisi air terjunnya terlihat lebar dan menyentuh dinding tebing, air terjun lainnya terlihat kecil dan langsung jatuh pada dasar kolam. Meskipun terdapat kolam di bawahnya, jangan mencobba melompat dari atas ya. Karena kolam ini hanya memiliki kedalaman 10 meter dengan kontur dasar berbatu.

Dua jatuhan air terjun yang berbeda karakternya via instagram/@tripriau

4. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua via instagram/@arif_fadillah_

Air Terjun Aek Martua memiliki beberapa tingkatan, sehingga sering disebut dengan nama lain Air Terjun Tangga Seribu. Aek Martua terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan dan memiliki panorama alam yang mempesona. Selain itu, terdapat juga tiga air terjun lain dalam satu wilayah ini yang tak jauh dari Aek Martua.

Air terjun dengan beberapa tingkatan via instagram/@arif_fadillah_

Semoga maraknya deforestasi yang kerap terjadi di Riau segera mendapat penanganan yang pantas ya. Jangan sampai kejadian tersebut merusak pemandangan asri seperti yang ada pada empat destinasi di atas. Sayang sekali bukan?

Tags
destinasi wisata Indonesia Riau Sumatera
Share