Potret 6 Wisata yang Dipromosikan Wonderful Indonesia Lewat Permen

Kementerian Pariwisata tahun ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan destinasi wisata Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara lewat program Wonderful Indonesia. Ikon-ikon wisata andalan Indonesia yang terpampang pada badan bus di Berlin adalah salah satunya. Kemudian, yang terbaru adalah kerja sama Kemenpar dengan salah satu produsen permen Indonesia. Rencananya beberapa destinasi unggulan akan tampil pada kemasan permen tersebut. Tapi apa saja ya tempat wisata yang akan ditonjolkan?

1. Tanjung Kelayang

Perairan Tanjung Kelayang yang masih jernih via instagram/@langgeng.wisata

Tanjung Kelayang adalah destinasi wisata di Pulau Belitung. Pantai dengan pasir putih ini juga digagaskan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Dikenal dengan pasir putih yang dihiasi batuan granit berukuran besar, Tanjung Kelayang juga direncanakan menjadi salah satu Bali baru di Indonesia.

2. Gunung Bromo

Sunset di Gunung Bromo via Instagram/@kyawbobohan

Bromo adalah tempat untuk menikmati sunrise yang paling tenar. Lansekap pegunungan yang tidak terlalu susah dicapai membuat banyak wisatawan datang. Cuaca yang dingin, panorama indah, dan coretan warna ketika matahari mulai muncul adalah magnet utama. Terdapat banyak sunrise point di sini, antara lain Penanjakan 1, Penanjakan 2, dan Bukit Kingkong.

3. Pulau Padar

Panorama dari titik teratas Pulau Padar via instagram/@aurorae.s

Pulau Padar adalah salah satu dari tiga pulau utama yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Luas wilayahnya tergolong lebih kecil, namun keindahannya tetap bersaing. Meskipun berada di wilayah Taman Nasional Komodo, pulau ini telah steril dari hewan langka tersebut.

4. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu saat menjelang matahari terbit via instagram/@eastjourneys

Generasi 90an pasti tak asing dengan Danau Kelimutu. Danau yang juga dikenal sebagai Danau Tiga Warna ini pernah menghiasi wajah uang kertas Rp5000. Bahkan tiga warna yang ada pada airnya ini juga bisa berubah. Tergantung dari gas, suhu, dan mikroba yang ada di dalamnya.

5. Taman Nasional Wakatobi

Keanekaragaman hayati di Taman Nasional Wakatobi via instagram/@shanl3y

Ditetapkan pada tahun 1996, Taman Nasional Wakatobi adalah satu dari 50 taman nasional yang ada di Indonesia. Luas areanya mencapai 1,39 juta hektar yang berisi keanekaragaaman hayati. Setidaknya 112 jenis karang dari 13 spesies dapat ditemukan di perairan taman nasional ini.

6. Candi Borobudur

Sunset di candi Borobudur via instagram/@jenyohana_

Nama candi ini pasti tidak begitu asing di telinga. Destinasi wisata andalan Jawa Tengah dan sekitarnya tersebut juga menjadi salah satu ikon wisata Indonesia sejak dulu. Kompleks candi ini juga ditetapkan sebagai candi terbesar di dunia dan menjadi salah satu situs warisann UNESCO.

Bicara masalah destinasi wisata, Indonesia adalah gudangnya. Berbagai jenis destinasi dapat ditemukan. Mulai dari pantai, air terjun, candi, hingga beraneka ragam keindahan biota laut. Sisi Indonesia mana yang belum kamu jelajahi? Yuk disegerakan!

Tags
Belitung Candi Borobudur Danau Kelimutu Indonesia Jawa Timur Wakatobi Wisata
Share