9 Destinasi Wisata Artificial di Singapura, Tidak Boleh Sampai Terlewatkan

Bagi Teman Traveler yang sudah pernah ke Singapura, tentu yang namanya Merlion, Garden By the Bay, atau Sentosa Island sudah tak asing lagi. Nah, jika sudah pernah ke tempat-tempat hits tadi, tak ada salahnya untuk melihat hal-hal lain di sini. Ada beberapa destinasi wisata artificial yang saya kunjungi beberapa waktu yang lalu di Singapura. Dimana saja?

1. Mural Street

20191117_063713_2_ZZg.jpg
Thian Hock Keng © Ruth Devi/Travelingyuk

Beberapa mural yang saya lihat di sini cukup cantik gambar-gambarnya dan juga dilukis dengan serius dan detail. Teman Traveler dapat menemukannya di daerah Pecinan dan Everton Road.

Di daerah Pecinan, ada beberapa mural yang menarik. Oh iya, untuk ke sini, mudah kok caranya. Tinggal naik MRT jalur biru/ungu dan turun di stasiun MRT China Town, kemudian dilanjut dengan jalan kaki.

20191117_083528_2_9vQ.jpg
Cantonesse Opera yang mengesankan © Ruth Devi/Travelingyuk

Mural yang harus kalian kunjungi ada di dinding belakang kuil Thian Hock Keng, tepatnya di Amoy Street. Panjang nya 40 meter, dibuat oleh seniman lokal bernama Yip Yew Chong. Mural ini menceritakan mengenai kehidupan para imigran Hokkien.

Selain mural bertajuk Thian Hock Keng, ada juga Cantonesse Opera. Terletak di Temple Street, mural yang dibuat oleh Yip Yew Chong ini menggambarkan Cantonesse Opera yang sangat digemarinya saat dia masih kecil.

20191117_093830_2_oaU.jpg
Barber © Ruth Devi/Travelingyuk

Selanjutnya, Teman Traveler bisa melipir ke Everton Road untuk melihat karya seni mural lainnya. Untuk menuju ke sini, bisa naik MRT jalur ungu/hijau, lalu turun di Outram Park MRT Station, kemudian lanjut jalan kaki kira-kira 7 menit.

20191117_093852_2_Crv.jpg
Amah © Ruth Devi/Travelingyuk

Ada mural bertajuk Barber yang juga dibuat Yip Yew Chong, terinspirasi dari masa kecilnya yang tinggal di daerah Pecinan. Berikutnya ada Amah yang merupakan mural pertama yang dibuat oleh Yip Yeow Chong. Mural ini bercerita tentang kekayaan budaya peranakan China. Lalu mural Provision Shop yang menceritakan sebuah toko bahan makanan dan perlengkapan.

20191117_094350_2_ruL.jpg
Provision Shop © Ruth Devi/Travelingyuk

2. Marina Barrage

Destinasi Wisata Artificial Singapura
Marina Barrage © Ruth Devi/Travelingyuk

Marina Barrage berfungsi sebagai pemasok air di Singapore dan pencegah banjir. Untuk menuju kesini, yang paling gampang ya lewat Garden By the Bay. Tinggal jalan kaki dari Flower Dome ke arah Satay by the Bay.

Selain bendungan, Teman Traveler juga bisa loh main layang-layang di sini atau berpiknik bersama keluarga. Bermain kayak atau perahu naga juga bisa tuh dilakukan di bendungan ini.

20191117_122629_2_vfv.jpg
Pemandangan cantik Marina Bay Sands dari Marina Barrage © Ruth Devi/Travelingyuk

3. Budha Tooth Relic Temple

20191117_073913_2_Ijd.jpg
Budha Tooth Relic Temple © Ruth Devi/Travelingyuk

Berlokasi di China Town, tempat ini mudah aksesnya, yaitu dengan MRT jalur biru/ungu dan turun di China Town MRT Station. Selain sebagai tempat ibadah umat Buddha, di sini juga ada museumnya loh.

4. National Museum of Singapore

Destinasi Wisata Artificial Singapura
National Museum of Singapore © Ruth Devi/Travelingyuk

Destinasi wisata artificial Singapura berikutnya adalah National Museum of Singapore. Berlokasi di Stamford Road, tempat ini bisa di akses dari 3 station MRT, yaitu Bencoolen (biru), Bras Basah (kuning) dan Dhoby Ghaut (merah/kuning/ungu). Dari station MRT tersebut, cukup berjalan kaki 5 menit menuju lokasi. Museum ini tertua di Singapura. Bentuk bangunannya pun ikonik sekali.

Di tempat ini, ada tiket masuknya ya. Jadi museum ini dibagi menjadi 2 bagian besar. Di lantai pertama disebut sebagai Permanent Galleries. Harga ticket nya S$ 15/orang dewasa.

20191116_142644_2_5JV.jpg
Glass Rotunda – Story of the Forest © Ruth Devi/Travelingyuk

Lantai kedua disebut Special Exhibition, harga ticket nya S$ 18/orang dewasa. Teman Traveler bisa membeli salah satu nya, atau jika ingin melihat semua gallery nya, cukup membayar S$ 26/orang dewasa.

Secara umum, Teman Traveler bisa melihat perkembangan negara Singapore di museum ini. Diceritakan secara runut dalam banyak bentuk, seperti foto, tulisan, benda2 kuno dan lain-lain.

Salah satu yang agak beda menurut saya, adalah adanya sebuah layar yang sangat panjang, menyambung sampai 3 tingkat bangunan. Terletak di Glass Rotunda, layar dengan interactive digital ini berlabel Story of the Forest. Menarik banget nih!

5. Sri Mariamman Temple

Sri Mariamman Temple adalah kuil Hindu tertua di Singapura. Terletak di South Bridge Road, masih di daerah China Town juga. Selain sebagai tempat ibadah, di kuil ini juga banyak dilakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Ukiran-ukiran indah dengan warna warni yang cerah bisa dilihat di sini.

Destinasi Wisata Artificial Singapura
Sri Mariamman Temple © Ruth Devi/Travelingyuk

6. Chinese Garden

Destinasi Wisata Artificial Singapura
Chinese Garden © Ruth Devi/Travelingyuk

Di pinggiran kota, ada sebuah taman yang cukup indah. Chinese Garden bisa dijangkau melalui MRT jalur hijau dan turun di Chinese Garden MRT Station. Ada beberapa titik menarik yang bisa dilihat disini, seperti twin pagoda, taman kura-kura, taman bonsai maupun patung-patung pahlawan China.

7. Japanese Garden

20170128_105926_2_HTN.jpg
Japanese Garden © Ruth Devi/Travelingyuk

Japanese Garden adalah taman bergaya Jepang. Letaknya tak jauh dari Chinese Garden. Sesuai dengan namanya, di taman ini banyak terdapat pernak pernik ala Jepang. Jembatan maupun rumah ala Jepang, lengkap dengan kolam ikan nya tentu!

8. Telok Ayer Green

Destinasi Wisata Artificial Singapura
Patung Chinese Festival Procession dan Indian spice trader © Ruth Devi/Travelingyuk

Ada sebuah taman mungil di Telok Ayer yang disebut Telok Ayer Green. Selain tanaman dan kolam dengan jembatannya, ada yang menarik disini, yaitu patung-patung yang bercerita tentang sejarah Telok Ayer. Tempat ini memang daerah para imigran tinggal pada saat-saat awal kepindahan mereka di negeri ini. 

 9. Jewel Changi Airport

Destinasi Wisata Artificial Singapura
Air terjun tertinggi – di dalam ruangan © Ruth Devi/Travelingyuk

Jewel Changi Airport merupakan spot rekreatif di Bandara Changi. Terdapat beragam atraksi menarik mulai dari wahan bermain, tempat kuliner, sampai air terjun indoor tertinggi. Air terjun setinggi 40 meter ini menghadirkan pertunjukan cahaya laser dan musik. Tempat ini mudah diakses dari area kedatangan Terminal 1.

Beragam destinasi wisata artificial di Singapura menandakan periode liburan harus dibuat lebih panjang. Alokasikan waktu dan biaya untuk traveling ke sini, ya.

Tags
Destinasi Wisata Singapura kontributor Luar negeri Singapura Travelingyuk Wisata Wisata Singapura
Share