Air Terjun Lider, Suguhan Panorama Alam Epik di Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Banyuwangi sudah lama dikenal punya banyak objek pariwisata menarik, mulai dari gunung hingga pantai. Namun buat Teman Traveler yang hobi menjelajah air terjun, boleh coba mampir ke Air Terjun Lider. Destinasi ini suguhkan panorama alam yang sungguh epik. Yuk, simak ulasannya.

Perjalanan Menuju Air Terjun

img_20190816_140637_Fr8.jpg
Menikmati pemandangan air terjun (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Teman Traveler bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Kec. Songgon. Harap berhati-hati karena menjelang sampai tujuan jalanannya akan sedikit rusak dan belum diaspal mulus. Dari awalnya melewati pemukiman warga, kalian bakal dipaksa melintasi sebuah kawasan hutan pinus.

Meski demikian, jalur menuju Air Terjun Lider masih relatif aman untuk motor maupun mobil. Buat Teman Traveler yang menumpang kendaraan roda empat, sebaiknya ambil jalur ke arah kiri setelah pemukiman warga. Jalannya sedikit lebih bagus dan tidak terlalu menanjak.

Petualangan dari Pintu Masuk

img_20190816_140704_MnI.jpg
View dari samping (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Masuk Air Terjun Lider, Teman Traveler wajib membayar tiket. Namun ketika kami datang, tidak ada petugas yang berjaga hingga akhirnya tak perlu keluarkan uang sepeser pun. Namun untuk mengantisipasi semua kemungkinan, kalian sebaiknya siapkan uang tunai ya.

Trekking menuju lokasi air terjun sendiri sama sekali tidak mudah. Teman Traveler harus menuruni tebing menuju dasar sungai. Berikutnya kalian akan menelusuri aliran air dan berbasah ria beberapa kali. Namun tenang saja, perairan di sekitar sini cukup dangkal kok.

Tertinggi di Banyuwangi

img_20190204_145112_vNb.jpg
Menjulang tinggi (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Mulanya saya mengira nama air terjun ini diambil dari kata Bahasa Inggris ‘leader’, yang artinya pemimpin. Namun asumsi tersebut salah, lantaran sebutan ini justru terinspirasi dari Blok Lider, kawasan tempat air terjun ini berada.

Terletak di lereng Gunung Raung, destinasi ini masuk dalam wilayah Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kec. Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Menjulang setinggi 60 meter, Lider merupakan air terjun tertinggi di Sunrise of Java.

Debit airnya yang begitu deras bakal bikin siapapun yang mendekat bakal basah kuyup. Di kedua sisi air terjun utama, terdapat beberapa aliran air kecil yang menambah keeksotisan pemandangan sekitar.

Sudah ada Warung

Meski cukup sulit dijangkau, destinasi ini sudah miliki fasilitas warung lho Teman Traveler. Kalian tak perlu bingung jika ingin mengisi perut, menambah perbekalan, atau sekedar berteduh ketika hujan turun. Sayangnya, untuk penginapan maupun camping ground memang masih belum tersedia.

Itulah sedikit ulasan mengenai Lider, air terjun tertinggi di Banyuwangi. Suguhan pemandangan yang ditawarkan benar-benar luar biasa epik. Pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang liburan di Tanah Dewi Sri. Selamat jalan-jalan!

Advertisement
Tags
Banyuwangi kontributor Travelingyuk wisata banyuwangi
Share