Destinasi Wisata Air di Jember, Puas Basah-basahan

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kabupaten yang berada di bagian timur Provinsi Jawa Timur ini tak lepas dari bidang pariwisata. Dengan luas wilayah 3.293 kilometer persegi, Jember juga memiliki segudang destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Namanya melejit setelah pagelaran Jember Fashion Carnaval yang mendapatkan perhatian internasional. Namun selain itu, tahukah kamu bahwa ada tempat yang asyik untuk berwisata air?

1. Nusa Barong

Perairan Nusa Barong via instagram/@onestopart_photography

Nusa Barong ditetapkan sebagai cagar alam dengan nama Cagar Alam Pulau Nusa Barong sejak tahun 1920. Karenanya, ekosistem hewan dan tumbuhan di sana masih sangat alami. Untuk dapat sampai ke tempat ini kamu dapat menyeberang dari Desa Puger Wetan, kemudian menyebrang dengan perahu nelayan.

Bagian batuan Nusa Barong via instagram/@_tiopras

2. Air Terjun Ledokombo

Air Terjun Ledokombo via instagram/@alfan_scooter

Perjalanan menuju Air Terjun Ledokombo hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Air terjunnya tinggi dengan diapit tebing di kanan kirinya. Meskipun harus berjalan jauh, sesampainya di lokasi segala lelah akan terbayar karena keindahannya. Lokasinya berada di Desa dan Kecamatan Ledokombo, Jember.

Kolam di bawah air terjun via instagram/@sivafauziahafidz

3. Air Terjun Sumber Salak

Air Terjun Sumber Salak via instagram/@andimuslim

Damar Wulan adalah tokoh legendaris pada zaman kerajaan yang konon dahulu bertapa di tempat ini. Ketinggiannya sekitar 5 meter dengan pemandangan alam sekitar. Sejauh mata memandang panorama persawahan yang berundak-undak adalah pendingin mata yang mujarab. Selain itu, menariknya Air Terjun Damar Wulan memiliki bentuk menyerupai Niagara. Namun dalam versi mini.

Disebut-sebut sebagai Niagara mini via instagram/@gaossusilo

4. Taman Nasional Meru Betiri

Pantai Bandealit via instagram/@sersan.bukankeju

Taman nasional ini memiliki luas 58.000 hektar dengan 900 hingga 1.233 meter di atas permukaan laut. Di dalam wilayah Meru Betiri kamu tak hanya dapat bertemu dengan hewan endemik atau pepohonan saja, melainkan juga terdapat empat pantai yang dapat kamu pilih. Di antara lain Pantai Bandealit, Pantai Rajegwesi, dan Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade sebagai penangkaran penyu via instagram/@apri.ep

Selain Pantai Papuma, masih banyak tempat yang dapat menjadi destinasi untuk wisata sembari basah-basahan. Di Pantai Sukamade, kamu juga dapat melihat penangkaran atau penyu yang sedang bertelur .