5 Destinasi Wajib di Malaysia, Catat Daftarnya, Ya

Rahima Rahman

Rahima Rahman

On Kontributor
Pertunjukan Air Mancur dekat Menara Kembar Petronas Pertunjukan Air Mancur dekat Menara Kembar Petronas

Malaysia adalah salah satu destinasi favorit bagi wisata Indonesia. Selain faktor jarak, biaya transportasi menuju negeri tetangga ini juga relatif murah. Belum lagi Bahasa Melayu cukup mudah dimengerti karena punya banyak kemiripan dengan Bahasa Indonesia. Nah, sebelum berangkat, catat daftar 5 destinasi wajib di Malaysia.

1. Masjid Jamek Malaysia  

Suasana Masjid Jamek (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Masjid Jamek ini dikenal sebagai masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut sejarah, tempat ibadah ini dibangun oleh pedagang-pedagang Islam dari India. 

Berkunjung ke sini, pengunjung akan merasakan sensasi bagai berada di Masjid Nabawi. Hal tersebut karena masjid ini memilki area shalat terbuka dan beberapa penutup atap dengan gaya desain mirip masjid di Madinah tersebut.

Lokasi Masjid Jamek juga sangat strategis karena berada dekat stasiun LRT ( Light Rapid Transit ). Teman Traveler bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan LRT atau bus wisata gratis KL Go dari KL Sentral.

2. Sultan Abdul Samad Building Malaysia

Sultan Abdul Samad Building (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Gedung Sultan Abdul Samad adalah sebuah bangunan yang berada tepat di hadapan Dataran Merdeka di Kuala Lumpur, Malaysia. Bangunan bersejarah ini kini digunakan sebagai gedung Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi. 

Destinasi wajib di Malaysia satu ini memiliki ikon berupa menara jam unik dan kerap jadi spot foto favorit para pengunjung. Teman Traveler bisa menemukan Gedung Sultan Abdul Samad di Jalan Ampang, Kuala Lumpur.

3. Menara Kembar Petronas

Pertunjukan air mancur di sekitar Petronas Twin Tower (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Berkunjung ke Kuala Lumpur tentu tak lengkap jika belum mengunjungi Petronas Twin Tower. Menara kembar ini sangat terkenal dan kerap jadi destinasi wajib di Malaysia. 

Teman Traveler disarankan datang antara sore hingga malam hari. Pasalnya, sekitar pukul 20:00 kalian akan dimanjakan pertunjukan air mancur diiringi dengan alunan musik. Asyiknya lagi, atraksi memukau ini bisa dinikmati gratis.

4. Kuala Lumpur City Gallery

Kuala Lumpur City Gallery (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Ada beberapa sudut menarik yang dikunjungi di KL City Gallery. Mulai dari ruangan khusus untuk membuat event, sampai tempat untuk melihat langsung pembuatan suvenir khas Kuala Lumpur. Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang tulisan ‘I Love KL’ yang berada tepat di depan galeri.

Berfoto di depan tulisan ‘I Love KL’ (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Selain sudut-sudut unik di dalam galeri, pengunjung juga bisa merasayakan asyiknya menikmati sore di sekitar gedung. Teman Traveler bisa coba berbaur dengan warga lokal, mengobrol santai bersama mereka.

5. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka (c) Rahima Rahman/Travelingyuk

Nah, terakhir saya akan memperkenalkan tentang Dataran Merdeka. Destinasi wajib di Malaysia ini sangat bersejarah karena jadi lokasi pengibaran bendera Malaysia untuk pertama kali.

Tempat ini sangat recommended bagi Teman Traveler yang ingin menikmati sore, sembari mengagumi bangunan-bangunan unik menjulang di sekitar kawasan terbuka ini.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa destinasi wajib di Malaysia. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang kian bersemangat mengunjungi Negeri Jiran?