Destinasi Terindah di Sumba, Salah Satunya Tempat Persinggahan Arwah

Pesona alam Sumba tidak mungkin bisa diragukan, mengingat kawasan ini dipenuhi bukit, air terjun, maupun pantai. Sehingga tidak heran bila pelancong memilih menghabiskan liburan di sini. Nah, buat Teman Traveler yang hendak berwisata ke Sumba, singgahlah ke destinasi terindah berikut. 

Bukit Tenau Mauliru

Bukit Tenau Mauliru (c) Muhammad Najib/Travelingyuk

Bukit Tenau Mauliru mempunya panorama yang luar biasa indah. Hamparan gundukan bergelombang berwarna hijau benar-benar memanjakan mata. Cobalah duduk bersantai sembari memandang indahnya panorama sekeliling. Akan lebih seru lagi kalau menyempatkan datang ke sini saat pagi hari demi menyaksikan magisnya matahari terbit.

Tertarik ingin merasakan langsung? Tenang saja, Bukit Tenau cukup mudah diakses dari Waingapu, durasi perjalanan sekitar 20-30 menit dengan berkendara. Kalau tidak membawa kendaraan sendiri bisa menyewa motor atau mobil dengan budget sekitar Rp100.000an per hari.

Air Terjun Lapopu

Destinasi Terindah Sumba
Air Terjun Lapopu (c) Muhammad Najib/Travelingyuk

Air Terjun Lapopu berada di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Destinasi terindah di Sumba ini dapat ditempuh dengan berkendara selama kira-kira 20 menitan dari Waikabubak. Berhubung belum ada transportasi umum, Teman Traveler sebaiknya menyewa kendaraan saja. Akses menuju ke sini terbilang mudah diakses walau jalurnya belum diaspal.

Begitu tiba, keelokan guyuran air setinggi kurang lebih 90 meter ini akan membuat Teman Traveler terpana. Ditambah lagi kolam di bawahnya berwarna tosca yang seolah mengundang untuk diselami. Semakin penasaran dengan keindahannya, bukan? Datang saja dan bawalah uang tiket sekitar Rp5.000an.

Pantai Walakiri

Mangrove Walakiri (c) Muhammad Najib/Travelingyuk

Siapa yang tidak mengetahui keindahan Pantai Walakiri? Destinasi wisata ini mempunyai pohon mangrove kerdil yang begitu instagenic apalagi saat diterpa sinar matahari.

Demi mencapai Pantai Walakiri, Teman Traveler harus naik kendaraan selama sekitar 30 menit dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur. Selain uniknya mangrove yang berbentuk meliuk layaknya orang menari, panorama pantai dan lautnya pun begitu menawan.

Air Terjun Tanggedu

Destinasi Terindah Sumba
Lorong Air Terjun Tanggedu (c) Muhammad Najib/Travelingyuk

Destinasi terindah Sumba berikutnya adalah Air Terjun Tanggedu yang punya jarak tempuh kurang lebih 3 jam dari Waingapu. Perjalanan yang ditempuh memang jauh dan jalurnya tidak selalu mulus. Namun, semua perjuangan akan terbayar dengan keelokan guyuran air terjun.

Sampai di sini, Teman Traveler akan menyaksikan hamparan kolam berwarna tosca yang dilindungi oleh tebing di pinggirnya. Sempatkan untuk berenang dan merasakan langsung kesegaran air yang alami ini.

Air Terjun Matayangu

Destinasi Terindah Sumba
Air Terjun Matayangu (c) Muhammad Najib/ravelingyuk

Konon demi menyaksikan keindahan alam yang paripurna harus dicapai dengan perjuangan yang tidak mudah. Rupanya hal tersebut berlaku bagi yang ingin menikmati keelokan Air Terjun Matayangu.

Destinasi terindah di Sumba ini harus dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 3 jam dari Waikabubak. Setelah itu masih harus berjalan ke dalam hutan kira-kira 2 kilometer. Belum lagi banyaknya serangga dan lintah yang siap ‘menghadang’.

Namun demikian, air terjun setinggi sekitar 100 meter ini memang layak diperjuangkan. Begitu tiba di sini saksikan sendiri eloknya guyuran dan kolam airnya. Bukan hanya alamnya, mitos di sini pun menjadi daya tarik tersendiri. Konon tempat ini adalah persinggahan terakhir bagi arwah sebelum menuju tempat yang lebih tinggi.

Bila Teman Traveler berencana menjelajahi alam Indonesia, masukkan destinasi terindah di Sumba tersebut sebagai bagian dari itinerari, ya. Lanskap menakjubkan siap menyambut Teman Traveler.

Tags
Destinasi Terindah Sumba Indonesia LoMudaLoBisa Nusa Tenggara Timur Sumba Wisata wisata sumba
Share