5 Destinasi Teratas di Indonesia Dengan Pemandangan Indah Versi Lonely Planet

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Nusantara merupakan negara yang memiliki berbagai macam rasa. Terdiri dari berbagai macam budaya, adat, pemandangan, dan destinasi wisata, membuat Indonesia menjadi sorotan turis saat merencanakan traveling. Keragaman tersebut yang membuat Indonesia menjadi negara yang menarik untuk dijelajahi. Karenanya sebuah situs traveling, Lonely Planet, memberikan lima rekomendasi lima destinasi teratas di Indonesia yang memiliki pemandangan memukau.

Borobudur

Candi Borobudur via Shutterstock.com

Lima destinasi teratas di Indonesia adalah Borobudur. Wisata ini merupakan Kuil Buddha terbesar di dunia yang menjadi destinasi wisata andalan. Tempat ini juga terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. Dibangun dari dua juta blok batu dalam bentuk stupa simetris besar tanpa menggunakan perekat apapun. Terdapat enam teras dengan bentuk persegi atasnya serta empat tangga mengarah pada gapura di atas. Dilihat dari udara, strukturnya menyerupai mandala tantra tiga dimensi.

Masjid Raya Baiturahman

Masjid Raya Baiturrahman via Shutterstock.com

Dinding berwarna putih bersih berpadu dengan kubah hitam serta menara yang menjulang tinggi. Masjid Baiturahman merupakan masjid yang dibangun pada abad ke-19. Kala Aceh dilanda tsunami pada tahun 2004, masjid ini tetap berdiri kokoh meski dihantam ombak tsunami. Setelah kejadian tersebut Masjid ini direnovasi dengan menambahkan keramik pada halamannya serta payung-payung berukuran raksasa.

Prambanan

Candi Prambanan via Shutterstock.com

Prambanan terdiri dari sekitar 244 kuil, beberapa diantaranya hanya berupa sisa-sisa reruntuhan. Prambanan yang terdaftar sebagai warisan dunia merupakan situs Hindu terbesar di Indonesia. Terdapat delapan kuil utama dan delapan kuil kecilnya berdiri megah seperti gedung pencakar langit abad ke-9. Tempat ini diperkirakan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk memperingati kembalinya Hindhu di Pulau Jawa.

Muara Jambi

Candi Muaro Jambi via Shutterstock.com

Candi Muaro Jambi komplek candi Hindu dan Budha dan diduga merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Melayu di Sumatera. Luasnya mencapai 3981 hektar. Komplek candi ini terletak di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muara Jambi, Jambi. Tepatnya di tepi Sungai Batang Hari atau sekitar 26 km sebelah timur kota Jambi. Candi ini dibangun pada abad ke-11, di bawah kepemimpinan Kerajaan Sriwijaya.

Candi Sukuh

Candi Sukuh via Shutterstock.com

Berada di ketinggian 900 mdpl, Candi Sukuh adalah salah satu candi paling misterius dan mencolok di Jawa. Ini bukan situs besar, tetapi memiliki piramida batu kasar yang dihiasi dengan beberapa pahatan. Terdapat juga beberapa relief yang menarik dan serta patung berbentuk Barong. Lokasinya yang berada di pelosok membuat candi ini sulit untuk ditemukan. Candi Sukuh berada tepat di lereng Gunung Lawu atau di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Beberapa bangunan unik maupun peninggalan sejarajh berabad-abad lalu memang masih dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Lima lokasi yang telah disebutkan di atas berada dalam kategori unik dalam rekomendasi Lonely Planet untuk menjelajah Indonesia.