Indonesia Rasa Islandia, Datang ke Tempat Ini Saja

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Islandia adalah negara yang berada di tengah Samudra Atlantik Utara. Negara yang dulunya bagian dari Denmark tersebut memiliki karakter yang mirip dengan Indonesia. Wilayahnya berada dalam daerah vulkanik aktif dan kontur permukaan yang didominasi oleh perbukitan, pegunungan, geyser, serta titik sumber air panas. Karena kemiripan karakter tersebut, perbukitan dengan nuansa menyerupai Islandia juga dapat ditemukan di Indonesia.

Pantai Menganti, Kebumen

Pesisir Pantai Menganti via instagram/antonw_id

Banyaknya batuan yang ada di garis Pantai Menganti sama sekali tidak mengurangi keindahannya. Air laut berwarna biru dengan ombak sedang adalah pemandangan utama yang dapat dinikmati di sini. Tak hanya itu, terdapat juga jembatan kayu berwarna merah terang yang menjorok ke lautan dan sering menjadi spot foto. Di bagian barat pantai, terdapat Lembah Menguneng yang dapat digunakan untuk melihat keindahan pantai dari atas.

Tebing di sepanjang Pantai Menganti via instagram/cucuhardiyan_

Bukit Merese, Lombok

Tepi tebing yang langsung berbaatasan dengan pantai via instagram/anggitasari0516

Bukit Merese adalah salah satu objek wisata andalan di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Keindahan yang ditawarkan adalah pemandangan memesona dengan pantai-pantai sekitar Mandalika jika dilihat dari atas bukit. Kamu bisa menikmati matahari terbit maupun tenggelam di spot ini, sehingga datang kapan pun tak menjadi masalah.

Perbukitan yang hijau via instagram/gita_trinovanda_yulistya

Gili Lawa Darat, Labuan Bajo

Kontur permukaan Gili Lawa Darat via instagram/the_flying_pizza_

Gili Lawa Darat adalah pulau dengan kontur permukaan berbukit dengan padang rumput yang luas. Saat kemarau, savana di sini berwarna coklat keemasan. Gili Lawa Darat merupakan salah satu tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Flores. Di atas perbukitan, panorama sunset dilengkapi oleh savana yang terhampar serta perairan yang luas.

Salah satu spot untuk menunggu sunset di Flores via instagram/widianakosno

Tanjung Kajuwulu, Maumere

Kontur perbukitan yang mirip dengan Islandia via instagram/marianatandjung

Perjalanan darat dengan jarak 15 kilometer harus ditempuh untuk dapat sampai di perbukitan Tanjung Kajuwulu. Tempat ini juga dikenal dengan nama Bukit Salib, karena terdapat Salib dengan ukuran yang cukup besar di puncaknya. Pemandangan savana dengan latar belakang laut yang bersih menjadi daya tarik utama bagi tempat ini. Selain itu, panorama sunset juga menjadi momen yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Bukit yang berkabut di saat-saat tertentu via instagram/hallidafm

Meskipun memiliki lokasi yaang jauh berbeda, Indonesia memiliki beberapa kemiripan dengan Islandia. Meskipun tak memiliki aurora borealis, keindahan negara kita tak kalah indah. Dengan banyaknya pulau yang tersebar di Indonesia, kita tak akan kekurangan destinasi untuk melancong kan?