Jelajah Dataran Tinggi Dieng Melalui 4 Destinasi Ini

Dieng adalah dataran tinggi yang masuk dalam Provinsi Jawa Tengah. Bagian dari pegunungan vulkanik aktif dengan ketinggian 2.000 mdpl ini berada di dua kabupaten, Wonosobo dan Banjarnegara. Lingkungannya yang masih alami, membuat dataran tinggi Dieng memiliki suhu yang berkisar antar 11-18 derajat celcius. Selain dikenal dengan Telaga Warnanya, tempat ini juga memiliki banyak destinasi wisata lain yang dapat dikunjungi. Seperti empat destinasi di dataran tinggi Dieng ini.

1. Kawah Sikidang

Pengunjung sedang berfoto di dekat Kawah Sikidang via instagram
Pengunjung sedang berfoto di dekat Kawah Sikidang via instagram/@pipitprtwi

Kawah Sikidang juga menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi saat ke Dieng Plateau. Letaknya tak jauh dari Bukit Sikunir, sunrise spot di kawasan Dieng. Sehingga tempat ini dapat menjadi destinasi setelah turun dari Bukit Sikunir. Seperti kawah pada umumnya, Sikidang juga mengeluarkan asap belerang yang menyengat. Karena itu membawa masker untuk penutup hidung sangat disarankan.

2. Bukit Sikunir

Pemandangan dari Bukit Sikunir via instagram
Pemandangan dari Bukit Sikunir via instagram/@arejii

Bukit Sikunir adalah destinasi yang tidak boleh terlewatkan. Spot yang berada di Desa Sembungan ini memiliki pemandangan sunrise yang impresif. Agar tidak melewatkan pemandangan sunrise yang indah ini, ada baiknya kamu berangkat sebelum subuh. Karena masih harus melakukan trekking kecil dan menapaki tanah yang berundak-undak.

3. Candi Arjuna

Candi Arjuna yang ditemukan pada tahun 1814 via instagram
Candi Arjuna yang ditemukan pada tahun 1814 via instagram/@lissawuthang

Kawasan Dieng Plateau tak hanya memiliki destinasi wisata alam saja. Tempat ini juga memiliki situs peninggalan sejarah yang benama Candi Arjuna. Menurut sejarahnya, tempat ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dan berfungsi untuk menyembah Dewa Syiwa. Tempat yang ditemukan oleh orang Inggris pada tahun 1814 tersebut memiliki lima buah candi yang saling berjajar lurus.

4. Telaga Merdada

Foto aerial dari Telaga Merdada via instagram
Foto aerial dari Telaga Merdada via instagram/@mavicgrapher

Dieng Plateau tak hanya memiliki Telaga Warna, namun juga terdapat satu tempat lagi yang bernama Telaga Merdada. Tempat ini merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng, luasnya mencapai 21 hektar. Telaga Merdada dikelilingi oleh dua bukit tinggi yaitu Pangonan dan Sumurup. Selain itu beberapa ladang perkebunan milik warga dapat ditemukan di sekitarnya.

Dataran tinggi Dieng memiliki banyak potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Baik terkait keindahan alamnya atau keunikan budayanya, seperti suku gimbal. Sehingga tempat ini dapat menjadi opsi destinasi traveling cuti bersama yang panjang. Gimana, sudah tertarik untuk datang ke dataran tinggi Dieng ini?

Tags
Dataran Tinggi Dieng Indonesia Jawa Tengah Wisata
Share