Hargai Budaya Bangsa, 5 Keraton Indonesia Ini Wajib Dikunjungi

Advertisement

Keraton atau Kraton merupakan istilah dari bahasa Jawa yang artinya kerajaan. Kata ini berasal dari karatuan yang artinya tempat tinggal Ratu atau penguasa. Terkait bahasan objek wisata, ada beberapa keraton Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa dan warisan budaya yang kaya.

Di era modern seperti sekarang ini, masih ada beberapa wilayah Kraton yang terjaga kelestariannya. Bagi mereka yang ingin tahu banyak soal kebudayaan tradisional dan gambaran kehidupan kerajaan, berikut adalah daftar lima keraton Indonesia yang wajib dikunjungi.

1. Keraton Surosowan

Sisa bangunan Keraton Surosowan
Sisa bangunan Keraton Surosowan via Instagram bolangbanten

Keraton ini terletak di wilayah Kerajaan Banten, yang dulu terkenal dengan kemakmurannya. Konon kompleks bangunan kerajaan Surosowan dirancang oleh seorang warga muslim Belanda bernama Hendrick Lucas Cadeel dan selesai di era sultan pertama.

Dikelilingi oleh tembok tinggi, Keraton Surosowan ini menjadi tempat tinggal para keluarga kerajaan antara 1526 hingga 1808 dan dilengkapi dengan saluran air yang langsung mengarah ke pembuangan.

Penggalian besar-besaran di 1984 berhasil menemukan kembali jejak-jejak kejayaan Keraton Surosowan. Pondasi dari beberapa paviliun, area pemandian di sayap selatan dan dua tanki penyimpanan air adalah beberapa struktur kuno yang bisa kamu amati di sini.

2. Keraton Kaibon

Bangunan Keraton Kaibon
Bangunan Keraton Kaibon via Instagram wowbanten

Keraton Kaibon terletak tak jauh dari Masjid Raya Banten. Nama Kaibon, yang berarti ibu, diilhami dari fakta bahwa istana ini dibangun oleh Sultan Syafiudin, Sultan Banten ke-21, untuk sang ibunda.

Didirikan di awal Abad ke-19, keraton ini memiliki luas kurang lebih 15.000 meter persegi. Gedung utama dan bagian halaman sempat dirusak atas perintah Gubernur Jendral Daendels di 1813 usai Sultan Syaifudin menolak permintaan Daendels untu meneruskan pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan.

Sedangkan hari ini, Keraton Kaibon hanya tinggal menyisakan beberapa reruntuhan dari bagian tembok, pondasi, dan juga gerbang utama. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan kesan betapa megah dan hebatnya kerajaan ini dulu.

3. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Bangunan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat via Instagram missfoodies.bdg

Keraton ini merupakan tempat tinggal utama Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Dibangun oleh Pangeran Mangkubumi antara 1755 hingga 1756, beberapa bulan usai menyepakati Perjanjian Giyanti dengan Dutch East India Company. Namun demikian, beberapa bagian dari kompleks keraton ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono VIII yang berkuasa antara 1921 hingga 1939.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekarang tidak hanya menjadi istana bagi para sultan, namun juga pusat kebudayaan masyarakat Jawa. Tempat ini juga menjadi pusat diselenggerakannya berbagai upacara tradisional seperti Grebeg Maulud, Sekaten, dan Tumplak Wajik.

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Sisi depan Keraton Surakarta
Sisi depan Keraton Surakarta via Instagram retnopurwa_wp

Keraton Surakarta Hadiningrat atau dikenal juga dengan Kraton Solo merupakan tempat kekuasaan utama Kasunanan Surakarta. Dibangun pada 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II sebagai pengganti Istana Kartasura yang hancur dalam tragedi Geger Pecinan pada 1473.

Arsitektur Keraton Surakarta Hadiningrat mirip dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Hal ini karena Pangeran Mangkubumi, atau dikenal juga sebagai Sultan Hamengkubuwana I, menjadi arsitek di dua tempat tersebut.

Keraton Surakarta Hadiningrat kini merupakan salah satu tempat wisata populer di Surakarta. Di dalam kompleks keraton, kamu bisa menjelajah ke atraksi utama yaitu Museum Sewoko.

5. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan via Instagram toadjie

Keraton Kasepuhan merupakan istana sultan tertua di Cirebon. Lokasi ini menjadi tempat tinggal Sultan Kasepuhan.

Keraton Kasepuhan Cirebon dibangun pada 1529 oleh Pangeran Mas Zainul Arifin, cicit dari Sunan Gunung Jati. Kompleks keraton ini terletak di antara sebuah masjid dan pasar tradisonal, sesuai dengan patron keraton Jawa pada umumnya.

Salah satu bagian utama dari Keraton Kasepuhan Cirebon adalah Siti Inggil, yang digunakan sebagai tempat berkumpul para Sultan dan bawahan mereka. Bangunan utama lain yang tidak kalah menarik adalah Malang Semirang, yang memiliki enam pilar, melambangkan filosofi Rukun Iman dalam agama Islam.

Itulah tadi daftar rekomendasi lima keraton Indonesia yang wajib dikunjungi. Lestarikan budaya warisan nenek moyang dengan menghargai dan menjaga warisan berharga yang sudah mereka tinggalkan sejak masa lampau.

Advertisement
Tags
Cirebon Jogjakarta Solo Surakarta Wisata
Share