Di Perairan Indonesia, Kamu dapat Menyelam Bersama Ikan Eksotis ini

Tak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki wilayah perairan dengan banyak kekayaan dan pesona. Beberapa titik di area laut Indonesia menjadi taman bawah air yang menakjubkan. Seperti Bunaken dan beberapa spot snorkeling dan diving yang tersebar di negara kita. Tak hanya terumbu karang saja, kamu juga dapat bertemu dengan hewan-hewan laut yang mengagumkan di wilayah perairan Indonesia.

1. Populasi Manta Ray yang Tersebar di Indonesia

Ukuran pari manta yang cukup besar, via instagram/@bandar_wisata

Keindahan taman bawah laut Indonesia menjadi rumah bagi berbagai macam spesies ikan. Salah satunya adalah Manta Ray atau Pari Manta. Keberadaan ikan langka ini tersebar dari Indonesia tengah hingga timur. Bahkan terdapat beberapa tempat di mana kamu dapat menyelam bersama pari manta, seperti di Nusa Penida, Pulau Komodo, Pulau Sangalaki, dan Raja Ampat.

Manta Ray adalah keluarga pari yang tidak beracun, via Jakpost.net

2. Raksasa Laut Indonesia, Hiu Paus

Hiu paus yang berada di perairan Indonesia, via instagram/@kelvinpang8111

Tak hanya biota-biota bawah laut seperti ikan duyung dan pari manta, bahkan hiu paus juga dapat ditemukan di perairan Indonesia. Ikan raksasa pemakan plankton ini berada pada titik-titik tertentu, seperti Talisayan, Kalimantan Timur; Pantai Botubarani, Gorontalo; Teluk Cendrawasih, Nabire; dan Shark Point, Wakatobi.

Mamalia raksasa pemakan plankton, via instagram/@marsyaadiyuta

3. Ikan Duyung Pulau Sika

Ikan duyung di perairan Pulau Sika, via instagram/@sarahhkusuma

Sika adalah pulau tak berpenghuni di Kabupaten Alor yang merupakan wilayah konservasi mangrove. Di Pulau Sika, kamu akan menikmati hamparan pasir putih dan birunya lautan. Tak hanya itu, kamu dapat bertemu dengan ikan duyung yang hidup secara liar di perairan Pulau Sika.

Pesisir Pulau Sika, via instagram/@yoenata

4. Lumba-lumba di Pantai Lovina

Pantai Lovina saat senja via instagram/@khansanida

Dengan menyewa perahu milik nelayan lokal, kamu dapat menuju ke lautan dan melihat lumba-lumba liar yang bermain di lautan. Jam terbaik untuk dapat bertemu lumba-lumba ini berkisar dari jam 5 sampai jam 8 pagi. Biasanya mamalia air ini akan berenang dan melompat di atas air sembari mengikuti laju perahu yang kamu tunggangi.

Lumba-lumba biasa keluar di pagi hari via instagram/@suciiamalia

Ternyata tak hanya ikan nemo saja yang dapat dinikmati di perairan Indonesia. Hewan-hewan raksasa seperti hiu paus dan manta ray pung dapat ditemukan di sini. Sepertinya kamu harus segera membuat lisensi untuk menyelam, sayang sekali kan kalau sekali seumur hidup kalian tidak mencobanya sama sekali?

Tags
Bali Ikan Eksotis Indonesia kalimantan Nusa Tenggara Timur Wisata
Share