Tips Menyeberang Nusa Penida, Dari Budget Hemat Hingga Nyaman Maksimal

Pulau Bali sering menjadi destinasi wisatawan ketika libur panjang tiba, tak terkecuali untuk menyambut pergantian tahun. Seperti mahasiswa yang ingin menghabiskan waktu seru bersama kawan-kawan kuliah saat tahun baru tiba. Nusa Penida adalah salah satu lokasi yang sedang naik daun di Pulau Dewata. Walaupun hanya bisa di akses lewat jalur laut, kamu masih bisa memilih transportasi berdasarkan budget atau tingkat kenyamanan. Namun sebelum dimulai, harga yang tertulis dapat berubah sewaktu-waktu ya.

Menggunakan Kapal Ro-Ro Nusa Jaya Abadi

Kapal Ro-Ro Nusa Jaya Abadi [image source]
Ro-Ro adalah singkatan dari Roll Off dan Roll On, dimana kapal bisa mengangkut kendaraan dan menarik sekaligus mengeluarkan mobil dengan menggunakan penggerak dari kapal. Perjalanan menggunakan Nusa Jaya Abadi bisa dimulai dari Pelabuhan Padang Bai dengan biaya per kepala Rp 15.000 dan sepeda motor Rp 20.000. Dalam satu hari kapal ini memiliki dua jadwal, yaitu pukul 11.00 dan 13.00 WITA.

Dengan Perahu Tradisional Bermesin Tempel

Kapal motor tradisional [image source]
Untuk menggunakan transportasi ini, kamu harus mencapai Pantai Kusamba yang berada di Kabupaten Klungkung. Walaupun menggunakan perahu tradisional yang sederhana, jarak tempuhnya tak terlalu lama. Hanya memerlukan kurang lebih satu jam perjalanan hingga berlabuh di Toya Pakeh Nusa Penida. Ketika artikel ini ditulis, biayanya hanya Rp 35.000 per kepala.

Cepat Sampai dengan Fast Boat

Fast boat menuju Nusa Penida [image source]
Jika tidak ingin mabuk laut karena waktu perjalanan yang terlalu lama, kamu bisa mencoba menggunakan fast boat. Jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja. Terdapat dua opsi fast boat yang dapat kamu gunakan untuk menyeberang. Pertama, dari Padang Bai menuju Pelabuhan Buyuk Nusa Lembongan dengan biaya Rp.85.000. Kedua dari Sanur dan berlabuh di Nusa Penida dengan harga Rp. 150.000.

Cruises Catamaran, Untuk yang Mengutamakan Rasa Nyaman

Bounty cruise dari Pelabuhan Benoa [image source]
Berbeda dengan tiga kapal di atas, perjalanan menggunakan cruiser ini di mulai dari Pelabuhan Benoa. Tak hanya menyeberang saja, namun dengan menggunakan transportasi ini kamu sudah mendapatkan paket wisata untuk menjelejah Nusa Penida. Termasuk juga aktivitas watersport yang bisa kamu rasakan. Tapi tentunya kocek yang harus dikeluarkan juga berbeda ya.

Tahun baru sudah semakin dekat, akan sayang sekali rasanya jika momen ini terlewatkan begitu saja. Sudah punya list destinasi untuk merayakan pergantian tahun? Segera diagendakan yuk.

Tags
Indonesia Nusa Penida tips Wisata
Share