4 Destinasi Buatan di Ambon, Mana yang Paling Menarik?

Keindahan alam di Indonesia bagian timur sudah tak perlu diragukan lagi. Tapi, wisata buatannya juga tak kalah mengasyikkan kok. Contohnya destinasi buatan yang ada di Ambon, Maluku. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki sejarah yang bisa teman traveler pelajari. Jadi, apa saja wisata buatannya? Coba lihat ulasan di bawah ini, yuk. 

Gong Perdamaian yang Mempunyai Makna Indah

Destinasi buatan di Ambon
Gong Perdamaian Dunia via instagram/
askaapril24

Pada tahun 2009, dibangun sebuah monumen dengan nama Gong Perdamaian Dunia. Tempat ini dibangun untuk mengingatkan kejadian kelam di Ambon yang berkaitan dengan SARA beberapa waktu silam. Selain itu, gong ini juga memberikan pesan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya membangun sebuah perdamaian. 

Rumah Pohon Desa Waai, Wisata dengan Banyak Spot Selfie

Rumah Pohon via instagram/
leeken05

Rumah Pohon merupakan salah satu wisata yang terletak di kawasan bukit Desa Waai, Kecamatan Salahutu. Saat teman traveler datang ke wisata ini, akan terlihat berbagai macam spot hiburan yang ditawarkan. Contohnya rumah pohon, rumah terbalik, sepeda gantung dan masih banyak lagi. Untuk datang ke tempat ini, kalian hanya merogoh kocek sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. Tapi, biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. 

Museum Siwalima, Berlibur Sambil Belajar 

Museum SIwalima via instagram/
mhidayatullah01

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat ingin mempelajari adat istiadat rakyat Maluku di Ambon adalah Museum Siwalima. Meskipun tulisan di depan museum bertuliskan kelautan, di tempat ini juga menyimpan benda-benda bersejarah. Jadi, museum tersebut berisi dua hal, yaitu tentang kelautan dan sejarah Ambon. 

Untuk museum kelautan, isinya berupa sejarah kelautan yang pernah terjadi di Ambon. Seperti fosil Ikan Paus sepanjang 23 meter yang menjadi pusat perhatian wisatawan.

Sedangkan museum sejarah, berisi segala sesuatu atau benda-benda yang berbau sejarah budaya Maluku. Ada bangunan asli Maluku, alat-alat pertanian, pakaian adat, uang lama, senjata khas, perlengkapan upacara adat dan guci-guci peninggalan penjajah Jepang. Semua koleksi yang berjumlah 5684 buah tersebut masih terjaga hingga detik ini. 

Jembatan Merah Putih yang Menjadi Ikon Kota Ambon

Jembatan Merah Putih via Travelingyuk/Aprilia Stefany

Ketika berkunjung ke Ambon, teman traveler jangan lupa untuk mampir ke Jembatan Merah Putih. Tempat ini bukan hanya menjadi ikon dari Kota Manise, tapi juga termasuk ke dalam jembatan terpanjang di Indonesia Timur. 

Hal yang melatarbelakangi dibangunnya Jembatan Merah Putih adalah untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan antara Bandara Pattimura dengan pusat Kota Ambon. Sebelum ada Jembatan Merah Putih ini jarak Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon yang berkisar 35 kilometer harus ditempuh selama 60 menit dengan memutari Teluk Ambon.

Inilah beberapa destinasi buatan yang ada di Ambon. Semuanya sama-sama mempunyai kelebihan. Ada yang dari segi tampilannya dan juga sejarahnya. Jadi, teman traveler suka yang mana nih? 

Tags
Ambon Destinasi Buatan di Ambon Indonesia Maluku Wisata
Share