Meski Indah, Tapi 5 Destinasi Indonesia Ini Berbahaya

Berbicara mengenai destinasi wisata Indonesia, tidak akan pernah ada habisnya. Jutaan keindahan alam, baik laut, pantai, gunung bahkan perbukitan menjadi ciri khas bumi pertiwi kita. Tidak heran jika banyak wisatawan luar yang tergila-gila pada Indonesia. Kendati memiliki pesona yang tidak ada duanya, ternyata ada beberapa destinasi yang membuat bulu kuduk merinding. Bukan hanya angker dan misterius, beberapa jiwa melayang  di sana. Mana saja destinasi wisata misterius yang terkenal berbahaya ini? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Pulau Banyak, Aceh Singkil

Pulau Banyak
Pulau Banyak [image source]
Sempat terkena sapuan bencana tsunami pada tahun 2004 lalu, Aceh akhirnya bisa bangkit dan kembali membangun kota. Banyak tempat wisata menarik yang kini populer dan hits banget di kalangan traveler. Salah satunya adalah Pulau Banyak yang memiliki gugusan pulau kecil di perairan Aceh Singkil. Tidak kalah dengan tempat kecil lainnya, Pulau Banyak pun makin menarik perhatian lantaran keindahan alam bawah lautnya.

Pulau Banyak Aceh
Pulau Banyak Aceh [image source]
Meski indah dan bikin mata adem, ternyata ada beberapa spot yang cukup berbahaya. Buktinya dua turis asal Jerman dan Belgia pada akhir tahun 2016 kemarin hilang tanpa jejak. Keduanya diketahui menyewa kayak dan berniat untuk kemping. Kuat dugaan, keduanya terkena ombak di tengah laut atau diseret oleh buaya air payau yang mendiami perairan tersebut.

Lokasi : Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh

2. Pantai Parangtritis, Jogjakarta

Pantai Parangtritis [image source]
Pantai Parangtritis, salah satu wisata Jogja  yang paling terkenal. Terletak 27 kilometer dari pusat kota Jogjakarta, Parangtritis memiliki pemandangan super cantik saat matahari mulai tenggelam. Tidak hanya itu, pasir pantai selatan Jogjakarta ini juga terkenal bersih dan lembut. Tak heran jika Parangtritis menjadi tujuan utama wisatawan ketika ke Jogjakarta setelah Candi Borobudur.

Parangtritis
Parangtritis [image source]
Di balik keindahan pantainya tersebut, ternyata Parangtritis menyimpan banyak cerita mistis dan hingga kini masih menjadi misteri. Salah satunya adalah banyaknya korban korban jiwa yang meninggal di pantai ini. Sebagian besar, mereka meninggal setelah terbawa oleh air dan tidak ditemukan selama berhari-hari. Konon, para korban tersebut sudah masuk kerajaan Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan.

Lokasi : Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi [image source]
Selain Parangtritis, ternyata ada satu lagi destinasi yang juga terkenal berbahaya di sekitar Jogjakarta. Ialah Gunung Merapi, salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia. Menurut catatan erupsi selama beberapa tahun belakangan, Gunung Merapi dinilai sangat berbahaya. Pun sering terjadi erupsi, Gunung Merapi masih membuka jalur pendakian.

Merapi
Merapi [image source]
Selain karena erupsi, Gunung Merapi cukup berbahaya bagi para pendaki awam. Beberapa pendaki sering tersesat hingga seharian di tengah hutan. Pun demikian, tetap saja gunung di tengah pulau Jawa ini benar-benar cantik. Bahkan wisatawan asing pun banyak yang terpesona dengan keindahan Merapi saat pendakian.

Lokasi : Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah

4. Nusa Lembongan, Bali

Nusa Lembongan, Bali
Nusa Lembongan, Bali [image source]
Alam yang cantik, begitulah modal Bali untuk merayu banyak wisatawan datang ke Indonesia. Bukan hanya Sanur dan Kuta-nya saja, ternyata Bali memiliki cukup banyak perairan asik dan menarik yang membuat wisatawan asing betah lama-lama tinggal di Bali. Salah satunya adalah Nusa Lembongan, pulau cantik yang terletak di tenggara pulau Bali.

Nusa Lembongan
Nusa Lembongan [image source]
Kendati cantik dan aman, ternyata Nusa Lembongan pernah menjadi saksi bisu hilangnya 7 turis asal Jepang pada tahun 2014 lalu. Ketujuh turis serta pemandu tersebut resmi dinyatakan hilang setelah tidak kembali usai melakukan penyelaman di perairan tersebut. Kuat dugaan ketujuh wisatawan tersebut tersapu oleh air laut. Seperti yang diketahui, daerah tersebut memang memiliki ombak yang berbahaya di musim-musim tertentu.

Lokasi : Jungutbatu, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali

5. Pulau Manyaifun, Raja Ampat

Manyafiun Raja Ampat
Manyafiun Raja Ampat [image source]
Selain Bali, Indonesia bagian timur memang tidak ada tandingannya soal kecantikan alam. Salah satunya adalah Raja Ampat yang makin terkenal dan mendunia. Meski biaya perjalanan kke Raja Ampat cukup mahal, ternyata hal tersebut tak mengurungkan niatan para traveler lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan surganya timur Indonesia ini.

Manyaifun
Manyaifun [image source]
Pun cantik, ternyata Raja Ampat juga terbilang sedikit berbahaya. Di perairan Raja Ampat ternyata ada spot-spot tertentu yang dihuni oleh beberapa predator dari hiu hingga buaya. Salah satunya adalah Pulau Manyaifun yang menjadi tujuan terakhir traveler asal Rusia. Ya, wanita bernama Sergei Vasilyevish ini meninggal setelah diserang dan seret oleh buaya hingga ke perairan tersembunyi.

Lokasi : Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Sebenarnya, tidak semua tempat di atas membahayakan. Yang terpenting adalah menaati peraturan yang ada serta meminta informasi yang jelas kepada petugas. Ada baiknya, jangan liburan sendirian dan menyewa jasa guide agar perjalananmu selalu aman.

Tags
destinasi berbahaya destinasi Indonesia wisata alam berbahaya Wisata Indonesia
Share