4 Kota Indonesia Ramah Pejalan Kaki, Ada Daerah Asalmu Gak?

Advertisement

Perkembangan teknologi transportasi yang kian pesat membuat kebanyakan warga lebih senang bepergian dengan kendaraan pribadi maupun umum. Meski demikian, masih ada beberapa kota Indonesia ramah pejalan kaki dan hal itu dibuktikan dengan ketersediaan beragam fasilitas pendukung.

Hal ini tentu menarik, mengingat di kota-kota besar biasanya trotoar untuk pejalan kaki justru dialihfungsikan menjadi lahan parkir maupun tempat berjualan makanan. Lantas apa saja kota Indonesia ramah pejalan kaki yang dimaksud? Daripada penasaran, mari kita simak bersama daftar lengkapnya.

1. Solo

Turis asing nikmati Citywalk Solo
Turis asing nikmati Citywalk Solo via Instagram solo_saiki

Sama seperti slogan kota ini, Solo benar-benar menunjukkan semangat Spirit of Java. Para warga di sini dikenal rendah hati dan ramah, selain itu kota kelahiran Presiden Jokowi ini juga menyimpan banyak kekayaan budaya yang menarik.

Namun salah satu hal terbaik dari kota Solo, terutama untuk para pejalan kaki, adalah City Walk. City Walk merupakan area untuk pejalan kaki yang membentang 4 kilometer di selatan Jl Slamet Riyadi.

Jalur ini memiliki lebar tiga meter, jadi sangat nyaman untuk digunakan berjalan kaki. Selain itu udaranya juga sejuk karena ada pepohonan di sisi kanan dan kiri. Jika lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di bangku-bangku yang sudah disediakan sembari menikmati suasana sekitar.

Di sekitar City Walk, Anda akan menemui beberapa tempat menarik seperti Omah Lowo, Rel Bengkong, Solo Grand Mall, dan Museum Batik Danar Hadi.

2. Surabaya

Kawasan Jembatan Merah Surabaya
Kawasan Jembatan Merah Surabaya via Instagram feathure02

Mereka yang berkunjung ke Kota Pahlawan biasanya terkagum-kagum dengan suasana metropolis plus gedung pencakar langit yang ada di di sini. Namun hebatnya, pemerintah juga tak menghargai warisan budaya masa lalu dengan mempertahankan bangunan kolonial dan kanal-kanal zaman Belanda.

Berkeliling kota Surabaya dengan berjalan kaki bukan sesuatu yang sulit. Ada cukup banyak area pejalan kaki yang steril dari pedagang maupun lintasan kendaraan.

Anda bisa berjalan-jalan sembari menikmati beberapa tempat wisata menarik di Surabaya. Mulai petualangan Anda dari Kota Tua Surabaya menuju Jembatan Merah, hingga sampai ke Tugu Pahlawan.

3. Bukittinggi

Kawasan Janjang 40 Bukittinggi
Kawasan Janjang 40 Bukittinggi via Instagram faceofminangkabau

Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatra Barat. Tempat ini terkenal dengan Jam Gadang, menara jam besar mirip dengan Big Ben di London.

Cuaca di sini cukup sejuk, sempurna bagi Anda yang ingin menikmati suasana kota sembari berjalan kaki dan sekaligus mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik. Bahkan banyak agen perjalanan setempat merekomendasikan berwisata di Bukittinggi sembari berjalan kaki.

Jika tertarik, Anda bisa mulai dari Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Museum ini letaknya tak jauh dari jalan utama, mudah sekali untuk ditemukan. Setelah itu Anda bisa langsung menuju ke Janjang 40. Di sini anda bisa menaiki serangkaian anak tangga dan menikmati indahnya pemandangan Bukittinggi dari ketinggian.

Selain itu, tidak ada salahnya mengunjungi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan, Benteng Fort de Kock, dan Pasar Ateh.

4. Yogyakarta

Keindahan jalanan Malioboro
Keindahan jalanan Malioboro via Instagram nenikuna_osh20

Kota satu ini punya banyak spot ramah untuk para pejalan kaki. Bahkan bisa dibilang cara terbaik untuk menikmati suasana Yogyakarta adalah dengan berjalan kaki, terutama jika Anda mengunjungi kawasan Malioboro.

Di kawasan terkenal di Yogyakarta ini, Anda tak hanya bebas berjalan di pinggir, namun juga hampir di jalanan utama. Parkiran motor dan mobil di sini ditata sedemikian rupa hingga tidak memakan lahan untuk pejalan kaki.

Dari area Malioboro, Anda bisa langsung berjalan kaki ke beberapa tempat wisata ikonik seperti Kraton, Tamansari, dan Kotagede.

Itulah tadi daftar beberapa kota Indonesia ramah pejalan kaki. Bagaimana, sudah siap mengeksplorasi tempat-tempat di kota tersebut sembari berjalan kaki?

Advertisement
Tags
Bukittinggi Jogjakarta Solo Surabaya Wisata
Share