Desa Wisata di Jogja, Melipir Sejenak dari Hiruk Pikuk Kota

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia

Desa wisata kini menjadi destinasi cukup populer di kalangan pelancong yang berlibur dengan keluarga. Dalam satu lokasi menyediakan berbagai macam aktivitas untuk dilaksanakan. Salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki menawarkan destinasi tersebut adalah Jogja. Teman Traveler penasaran kan dengan tempat wisata Jogja murah meriah ini? Boleh dibaca ulasan desa wisata di Jogja ini sampai selesai ya.

Desa Wisata Tembi

Pengalaman Turun ke Sawah via Instagram @desawisatatembi

Desa Wisata Tembi yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Timbulharjo Kecamatan Bantul ini berada di lahan seluas 3000 meter persegi dan memiliki beberapa ruangan seperti galeri, pendopo, dan sebuah perpustakaan. Teman Traveler bisa mempelajari cara berbagai kerajinan tangan yang ada di Jogja. Berbagai kegiatan menarik disiapkan untuk menyambut pelancong seperti belajar bermain gamelan, menari, membatik, membuat topeng, bahkan turun langsung ke sawah pun bisa. Keunikan desa wisata ini juga terletak pada homestay yang didesain perpaduan budaya Jogja dengan gaya klasik tempo dulu.

Desa Wisata Tanjung

Tempat Makan di Desa Wisata Tanjung via Instagram @dudidadida

Desa wisata di Jogja yang berada di Desa Dono Harjo Kecamatan Ngaglik, Sleman ini diresmikan pada tahun 2001. Tidak hanya wisata alam pedesaan yang tentu masih asri, ditawarkannya wisata kesenian tradisional, budaya, dan kerajinan pun menjadi daya tarik pelancong untuk singgah di Desa Wisata Tanjung. Keistimewaan desa wisata di Jogja ini adalah berdirinya rumah Joglo disebut Joglo Tanjung yang konon umurnya sudah lebih dari 200 tahun. Teman Traveler bisa menyaksikan beragam kesenian di sini diantaranya jathilan, sholawatan, karawitan, tari angguk putri, dan banyak lainnya.

Desa Wisata Nglinggo

Salah Satu Homestay di Desa Wisata Nglinggo via Instagram @homestayrimbono

Desa Wisata Nglinggo yang berada di kawasan Pagerharjo, merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di dataran tinggi Kabupaten Kulon Progo. Terdapat beberapa objek wisata yang bisa Teman Traveler singgahi sebut saja Bukit Ngisis, kebun teh dan kopi, hutan pinus, dan banyak lainnya. Keunikan di desa wisata ini yaitu pengunjung bisa ikut membuat gula aren dan memetik kopi dan teh. Di sini pun disediakan homestay dengan konsep seperti rumah pohon.

Desa Wisata Kembang Arum

Gubug Pereng via Instagram @desawisatakembangarum

Desa wisata di Jogja yang berada di Sleman ini diresmikan tahun 2005, memiliki pemandangan yang menawan serta pagar batu yang ditata rapi. Teman Traveler bisa singgah di Desa Wisata Kembang Arum yang memiliki suasana tenang dan udara segar. Ditawarkan wisata edukasi dan alam bagi pengunjung, dengan program populer yaitu kursus melukir. Terdapat sarana permainan traadisional di halaman pendopo, seperti enggrang, engklek, dakon, dan ragam lainnya. Teman Traveler juga bisa bermalam karena di sini tersedia homestay nyaman.

Banyaknya pilihan destinasi desa wisata di Jogja menjadikan kota sejuta kenangan ini semakin lengkap untuk dikunjungi. Teman Traveler apakah termasuk pelancong yang senang menghabiskan liburan dengan menjelajah berbagai tempat atau melakukan kegiatan bersama di desa wisata nih?