Keindahan Danau Desa Sorowako SULSEL! Terdalam di Asia Tenggara

Tidak banyak yang tahu mengenai danau di Desa Sorowako terdalam di Asia Tenggara ternyata terletak di Indonesia, dan tepatnya berada di daerah Sorowako, Kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Desa Sorowako mempunyai beberapa danau dan tentunya bisa menjadi target liburan kamu selanjutnya. Penasaran? Yuk, baca terus ulasannya.

Mengenal Sarowako

Perjalanan dari Makasar ke Sarowako (c) Aspar Sesasria/Travlingyuk

Mungkin masih banyak yang  belum mengenal atau bahkan mendengar daerah yang bernama Sorowako. Kekayaan dan keindahan alam berada di satu tempat ini. Kaya akan nikel, penghasil merica terbaik Indonesia dan danau terdalam di Asia tenggara berada, danau Matano desa Sarowako.

Makasar – Sorowako

Danau Matano (c) Aspar Sesasria/Travlingyuk

Dari Makassar menuju Sorowako Teman Traveler bisa menggunakan bus anatar kota dengan harga tiket Rp.250.000/seat. Mengingat Perjalanan + 12 jam, maka disarankan menggunakan bus yang nyaman dengan jok cukup besar yang dilengkapi dengan sandaran kaki, selimut dan bantal, agar liburan Teman Traveler semakin santai dan fresh tanpa lelah.

Saat pertama tiba di Sorowako, mata sangat dimanjakan dengan hijaunya kiri dan kanan jalan, dan pemandangan akan berubah ketika memasuki kawasan tambang, truk besar dan alat berat lalu lalang, mengingat Sarowako merupakan penghasil nikel terbesar di Dunia.

Danau-Danau di Sarowako

Danau Mahalona (c) Aspar Sesasria/Travlingyuk

Ada tiga danau disekitar Sorowako, selain Matano. Yaitu Danau Mahalona dan Danau Towuti. Ketiganya dihubungkan dengan Sungai Larona, sementara Sorowako ada dipinggiran Danau Matano.

Panduan Berlibur di Danau

Prau kayak keliling danau desa Sarowako (c) Aspar Sesasria/Travlingyuk

Akhir pekan Teman Traveler bsia dihabiskan di desa Sarowako, berbagai wisata air bisa dilakukan di danau Matano. Pagi dan sore hari waktu yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu di sekitar dermaga pantai Ide yang terletak di kawasan Salonsa. Bermain kayak juga bisa dilakukkan di Yacht Club.

Untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil yang ada di Matano anda bisa menyewa Raft atau Katinting milik warga. Tarif relatif tergantung kelihaian Teman Traveler dalam tawar menawar.

Goa air Desa Sarowako (c) Aspar Sesasria/Travlingyuk

Terdapat juga Goa air yang jangan sampai terlewatkan! Untuk bisa masuk kedalamnya, Teman Traveler harus berenang karena bibir goa hampir rata dengan air. Bisa juga memanjat dari tebing lalu melompat dari atas dengan ketinggian sekitar 10m dari permukaan air. Tentunya akan sangat memacu detak jantung saat melakukannya. Berani?

Daerah wisata Desa Sarowako layak kamu datangi. Kekayaan alamnya akan membuat liburan Teman Traveler berkesan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata di Sulawesi Selatan ini?

Tags
danau sulawesi selatan desa sorowako goa sorowako kontributor Travelingyuk wisata danau wisata sarowako Wisata Sulawesi Selatan
Share