Desa Nglanggeran Jogja, Serunya Bajak Sawah Hingga Gamelanan

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Belajar Batik Topeng di Desa Nglanggeran Belajar Batik Topeng di Desa Nglanggeran

Desa Nglanggeran bisa jadi salah satu alternatif wisata edukasi apik bagi Teman Traveler yang sedang berada di Jogjakarta. Selain jalan-jalan menikmati indahnya alam sekitar, kalian juga bakal mendapat pengalaman pembelajaran langsung. Tentunya bakal menarik dan tak terlupakan.

Nglanggeran sebelumnya dikenal dengan gunung api purba, namun ternyata Teman Traveler bisa melakukan beragam aktivitas menarik di destinasi yang berada di wilayah Patuk, Gunung Kidul ini. Penasaran? Berikut adalah beberapa keseruan yang bisa kalian coba di destinasi wisata Jogja satu ini.

Budidaya Kakao di Desa Nglanggeran

Melihat kakao di kebun aslinya (c) Helga Christina/Travelingyuk

Buah kakao atau cokelat adalah salah satu hasil perkebunan di Desa Nglanggeran. Teman Traveler bisa menjajal beragam aktivitas wisata yang berkaitan dengan coklat, salah satunya budidaya kakao. Kalian bakal diajak melihat proses penanaman kakao, mulai dari pembibitan, pemetikan, hingga proses fermentasi.

Dodol Kakao

Belajar membuat dodol kakao (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain budidaya kakao, pembuatan dodol kakao juga bisa jadi pilihan aktivitas edukasi kala Teman Traveler berada di Desa Wisata Nglanggeran. Kalian akan merasakan sensasi seru belajar membuat dodol kakao bersama ibu-ibu PKK setempat.

Peternakan Kambing Etawa

Kambing Etawa (c) Helga Christina/Travelingyuk

Desa Wisata Nglanggeran juga menghadirkan beberapa wahana agrowisata yang memanfaatkan lahan pertanian dan peternakan milik warga setempat. Salah satu yang cukup menarik adalah tour di peternakan kambing etawa.

Pengunjung akan belajar banyak hal baru mengenai kambing etawa, mulai dari asal-usulnya, aktivitas memerah susu, memasak susu, hingga meminum susu hasil perahan sendiri.

Hidroponik

Deretan tanaman hidroponik (c) Helga Christina/Travelingyuk

Hidroponik merupakan metode budidaya tanaman yang tak menggunakan tanah sebagai media tanam, melainkan air bernutrisi khusus. Teman Traveler bisa belajar banyak soal hidroponik di area khusus yang terintegrasi dengan peternakan.

Batik Topeng

Belajar membuat batik topeng (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak hanya peternakan dan perkebunan, Teman Traveler pun bisa belajar banyak soal budaya lokal di sini. Kalian bisa coba asyiknya membikin batik dengan media topeng kayu. Puas belajar, kalian bisa membeli aneka buah tangan menarik, mulai dari topeng klasik hingga kontemporer, tempat tissue dari kayu, serta kerajinan keren lainnya.

Kreasi Janur

Belajar kreasi janur(c) Helga Christina/Travelingyuk

Janur biasanya dirangkai sedemikian rupa hingga menjadi hiasan umbul-umbul. Umumnya diletakkan di pinggir jalan sebagai pertanda hajatan, maupun sebagai tambahan dekorasi pelaminan di pesta pernikahan.

Di Desa Wisata Nglanggeran, Teman Traveler juga bisa mencoba membuat aneka bentuk menarik dari janur alias daun kelapa ini. Aktivita ini termasuk salah satu bentuk seni tradisional yang wajib terus dilestarikan agar keindahannya bisa dinikmati hingga generasi mendatang.

Tanam Padi dan Bajak Sawah

Belajar membajak sawah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tidak afdol rasanya berkunjung ke desa tanpa bermain ke sawah. Nah, di sini Teman Traveler bisa belajar membajak sawah dan menanam padi. Kalian bisa langsung praktek menebar benih padi, serta menggemburkan tanah dengan bantuan sapi. Benar-benar pengalaman unik yang hanya bisa dirasakan di desa.

Kesenian Lokal

Belajar kesenian lokal (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak sedikit wisatawan datang ke suatu destinasi karena tertarik dengan adat istiadat dan budaya setempat. Di Desa Nglanggeran, Teman Traveler juga bisa mempelajari aneka kesenian Jawa, seperti gamelan, tari jathilan, dan tari lainnya.

Itulah sekilas aktivitas seru yang bisa Teman Traveler lakukan di Desa Nglanggeran. Ada banyak pilihan menarik. Tak sekedar jalan-jalan nikmati alam, kalian juga mendapat edukasi dan banyak hal positif. Tertarik?