Tidak Perlu Jauh ke Kashmir, Desa Fatuulan di Indonesia Punya Keindahan yang Sama

Keindahan Kashmir sebagai wilayah yang berada di kawasan lembah dan dikelilingi pegunungan, tolong jangan lagi diragukan. Namun, sebelum menyiapkan berderet-deret kebutuhan untuk pergi ke sana, sebaiknya Teman Traveler ketahui lebih dulu bahwa Indonesia juga punya lho kawasan yang cantiknya serupa. Wilayah tersebut berada di Nusa Tenggara Timur, ia adalah Desa Fatu’ulan. Lihat yuk secantik apa.

1. Berada di Antara Bukit

Fatu'ulan Berada di Perbukitan
Fatu’ulan Berada di Perbukitan via Instagram/vickykciv_29

Keindahan alami yang dimiliki Desa Fatu’ulan salah satunya karena kawasan ini berada di antara perbukitan. Udara yang masih segar, pohon-pohon hijau menjadi kenikmatan hakiki saat berkunjung ke kawasan ini. Pemandangannya sangat cocok bagi Teman Traveler yang jenuh dengan suasana kota yang padat, berdebu dan bising. Karena di sini, suasananya masih sepi. Rumah-rumah antar penduduk masih berjarak cukup jauh. Sudah terbayang kesegarannya?

2. Rindang Pepohonan dan Kabut Pagi

Rindang Pepohonan dan Kabut Pagi di Fatu'ulan yang Syahdu
Rindang Pepohonan dan Kabut Pagi di Fatu’ulan yang Syahdu via Instagram/bulansuryadi_

Secara geografis, Desa Fatu’ulan terletak di atas gunung dengan ketinggian 1000 mdpl. Kawasan ini juga berada satu tempat dengan hujan tropis yang masih asli dan lebat. Karena faktor-faktor alam inilah, kondisi Fatu’ulan sangat kaya akan pepohonan. Suhu udara yang sejuk, dihiasi kabut-kabut menjadi pemandangan yang setiap hari bisa Teman Traveler saksikan. Sepanjang hari, siap-siap saja dengan suhu udara yang sejuk dan asri.

3. Hamparan Rumput Hijau yang Menyegarkan

Hamparan Rumput Hijau di Fatu'ulan
Hamparan Rumput Hijau di Fatu’ulan via Instagram/seniselan

Dalam bahasa Dawan-Timor, Fatu’ulan terdiri atas nama Fatu yang artinya bukit/gunung dan Ulan yang artinya hujan. Jika digabungkan menjadi bukit hujan. Nyatanya, di kawasan ini curah hujan lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lain di Timor Tengah Selatan. Masyarakat Desa Fatu’ulan terbiasa dengan hujan yang lebih sering, bahkan saat wilayah lain dilanda kemarau.

Karena curah hujan yang berbeda, lebih tinggi, dibanding kawasan lain, kawasan ini ditumbuhi rumput yang cantiknya sama persis dengan yang ada di Kashmir India. Dengan lanskap yang landai, pepohonan dan rumput hijau yang subur, ditambah pemandangan dari sekawanan kuda dan binatang ternak lain, Teman Traveler akan betah dan berpikir ulang untuk cepat-cepat pulang.

4. Pemandangan dari Atas Batu di Ketinggian

Fatu'ulan Negeri di Atas Awan
Fatu’ulan Negeri di Atas Awan via Instagram/meickyrichardo

Di Desa Fatu’ulan ada sebuah tebing batu besar yang fenomenal. Dari sini, Teman Traveler bisa menyaksikan pemandangan yang super indah. Dari hamparan Laut Timor, kelokan sungai dan Pantai Kolbano. Tidak ketinggalan juga awan-awan serta kabut yang menutupinya. Berada di atas batu tersebut, Teman Traveler serasa sedang berada di negeri atas awan.

Kecantikan Desa Fatu’ulan di Timor Tengah Selatan, tiada lagi selain menakjubkan. Tidak berlebihan jika desa ini disamakan dengan Kashmir di India. Atau, boleh lah rasanya jika ia dijuluki sebagai Kashmirnya Indonesia. Setuju?

Tags
desa fatu'ulan Indonesia Nusa Tenggara Timur Wisata wisata ntt
Share