Baru Diresmikan! Desa Bilelando Jadi Destinasi Wisata Bahari Pertama di Lombok Tengah, Agendakan!

Pariwisata di Lombok sedikit-sedikit mulai bangkit. Seperti kawasan wisata Mandalika yang kini mulai banyak dilirik oleh wisatawan. Selain itu bisa dilihat dari peresmian Desa Bilelando di Kabupaten Lombok Tengah sebagai destinasi wisata bahari. Uniknya, ia merupakan yang pertama di wilayah ini. Seperti apa lengkapnya? Berikut informasi untuk Teman Traveler!

1. Wisata Bahari Pertama di Lombok Tengah

Suasana Saat Peresmian Desa Wisata Bahari via Instagram/lombokworld

Dilansir dari travel.tempo, Lombok memiliki destinasi wisata bahari baru. Lokasinya berada di Pantai Selatan Lombok Tengah. Ia merupakan desa wisata bahari pertama yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Destinasi ini bernama Desa Bilelando.

Gubernur NTB Saat Meresmikan Desa Bilelando via Instagram/lombokworld

Peresmian Bilelando sebagai desa wisata bahari dilakukan langsung oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah pada Minggu 17 Februari 2019 lalu. Dengan diresmikannya destinasi ini, Gubernur NTB berharap Bilelando akan menjadi desa yang maju, sejahtera, indah dan bersih.

2. Desa dengan Pantai yang Masih Alami

Pantai Ujung Kelor yang Masih Alami via Instagram/beautifulbilelando

Dilansir dari travel.tempo, Desa ini memiliki pantai seluas empat hektar yang berpasir putih dan lembut. Secara geografis, desa ini berhadapan dengan Samudera Indonesia. Pantai Ujung Kelor yang ada di Dusun Kelongkong, Desa Bilelando bahkan sudah banyak didatangi para wisatawan mancanegara untuk surfing.

3. Bisa Berkemah dan Beberapa Fasilitas Lain

Kawasan Bilelando yang Ditata Sedemikian Rupa via Instagram/beautifulbilelando

Selain kawasan pantai yang luasnya mencapai 4 hektar, desa ini memiliki area dataran rendah yang dapat digunakan untuk berkemah. Keindahan alam dari bukit berbatu yang ada di Ujung Kelor jadi pemandangan saat berkemah di sini.

Spot Foto di Pantai Ujung Kelor via Instagram/nia_stp

Para penggerak sadar wisata di Desa Bilelando juga sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Di antaranya spot-spot selfie, tempat pemancingan yang berlokasi di atas batu-batu pantai, hingga tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka hidangan laut, terutama ikan dan kepiting.

4. Lokasi

Pemandangan Laut Lepas yang Luar Biasa dari Bilelando via Instagram/beautifulbilelando

Penasaran untuk mengunjungi desa wisata bahari pertama di Lombok Tengah ini? Teman Traveler hanya perlu menuju Dusun Kelongkong. Dusun ini berjarak sekitar 45 menit dari arah timur Kota Praya, ibu kota Kabupaten Lombok Tengah.

Dermaga di Bilelando yang Dihias Warna-warni via Instagram/febrina_sulistia

Jika ingin berkunjung ke Pantai Ujung Kelor, pengunjung bisa menggunakan perahu dari dermaga setempat yang dapat disewa oleh 5-20 orang. Biayanya sekitar Rp10 ribu/orang untuk pulang pergi.

Diresmikannya Desa Bilelando sebagai desa wisata bahari di kawasan Lombok Tengah, semoga dapat menjadi salah satu titik awal kebangkitan pariwisata Pulau Seribu Masjid ini. Bagaimana? Siapa yang sudah tidak sabar untuk liburan ke Lombok Tengah dan berkunjung ke sini?

Tags
desa bilelando Indonesia Lombok Lombok Tengah Wisata
Share