Deretan Sanghyang di Jawa Barat, Legenda Tangga Dewa dan Pemandian Bidadari

Advertisement
Advertisement

Sanghyang, sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang disucikan atau dianggap sakral. Istilah ini ditemukan juga pada nama-nama tempat. Bisa berupa air terjun, sendang atau gua. Deretan Sanghyang di Jawa Barat, punya cerita yang masih berhubungan juga dengan hal-hal berbau suci, disucikan, atau legenda yang dianggap sakral. Penasaran gak sih? Simak deh yuk, berikut dengan legendanya!

1. Sanghyang Tikoro

Konon di Sanghyang Tikoro Inilah Titik Bobol Danau Purba Bandung
Konon di Sanghyang Tikoro Inilah Titik Bobol Danau Purba Bandung via Instagram/pradiptaindra

Sanghyang yang punya legenda di Jawa Barat ini, bisa Teman Traveler temui di kawasan Cipatat, Rajamandala. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bendungan Saguling. Di lokasi ini, Teman Traveler akan menemukan sebuah gua dengan sungai yang mengalir di bawahnya. Keunikan lanskap yang dimiliki oleh Sanghyang Tikoro dilengkapi dengan cerita legenda, bahwa konon gua tersebut merupakan titik bobolnya Danau Purba Bandung. Jebolnya danau purba itu, menyisakan cekungan yang menurut legenda, merupakan cikal bakal Kota Bandung.

2. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut, Tempat Mandi Bidadari
Sanghyang Heuleut, Tempat Mandi Bidadari via Instagram/ktarya_

Deretan Sanghyang di Jawa Barat dengan cerita legenda yang tidak kalah seru ada di Sanghyang Heuleut. Ia merupakan sebuah sendang atau danau dengan air terjun kecil di bagian sisinya. Sanghyang Heuleut dikelilingi oleh bebatuan alami yang besar dan kokoh. Menurut legenda yang beredar di masyarakat sekitar, sendang ini merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari kahyangan. Lokasi Sanghyang Heuleut, ada di kawasan PLTA Saguling.

3. Sanghyang Taraje

Air Terjun yang Menurut Legenda Jadi Tangga para Dewa
Air Terjun yang Menurut Legenda Jadi Tangga para Dewa via Instagram/dzank.ahmad

Sanghyang Taraje yang terletak di Desa Cibuluh, Cikajang, Kabupaten Garut ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Garut dan sekitar. Salah satu dari deretan Sanghyang di Jawa Barat yang punya legenda ini berbentuk wisata air terjun dengan tinggi 82 meter.

Saking tingginya, beredar cerita bahwa Sanghyang Taraje merupakan tangga para Dewa untuk menuju Kahyangan. Cerita lain mengatakan bahwa pada zaman dahulu, curug yang tinggi ini digunakan sebagai tangga oleh Kian Santang untuk mengambilkan bintang yang akan dipersembahkan kepada Dayang Sumbi. Karena itulah, lokasi ini dinamakan dengan ‘taraje’ atau tangga dalam bahasa Indonesia.

4. Sanghyang Poek

Berada di Dalam Sanghyang Poek yang Memang Gelap
Berada di Dalam Sanghyang Poek yang Memang Gelap via Instagram/didinirsyaduddin

Terakhir, deretan Sanghyang di Jawa Barat dengan legendanya yang menarik ada di lokasi yang tidak berjauhan dengan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Heuleut. Disebut ‘poek’ karena lokasi ini merupakan gua yang cukup gelap. Jika Teman Traveler penasaran ingin masuk ke dalam Sanghyang Poek, siap saja dengan gelapnya ya. Di sekitar goa, terdapat sungai purba, yang masih berkaitan dengan legenda Sangkuriang.

Jajaran Sanghyang di Jawa Barat dengan masing-masing legenda yang mengiringinya, justru menambah pesona. Teman Traveler yang ingin liburan sekaligus “napak tilas” pada kisah-kisah di masa lampau, bisa sekali jalan-jalan ke kawasan ini.

Advertisement
Tags
Alam Indonesia sanghyang sanghyang di jawa barat Wisata wisata jawa barat
Share