Sanghyang Heuleut, Danau Kecil Ini Konon Tempat Mandi Bidadari

Advertisement
Advertisement

Bandung dan segala macam keindahan pemandangannya, mudah membawa banyak orang takjub dan jatuh cinta. Di antara banyaknya tempat wisata hits Bandung yang terkenal se-antero Indonesia, Sanghyang Heuleut mungkin masih belum terlalu menggema. Penasaran dengan keindahannya? Simak ulasan berikut ini!

1. Tempat Mandi Bidadari

Mitos dan Keindahan Sanghyang Heuleut
Mitos dan Keindahan Sanghyang Heuleut via Instagram/_kopites_man

Letaknya Sanghyang Heuleut yang cukup unik dan terpencil, serta pemandangannya yang alami, memang memancing imajinasi dan mitos-mitos di lingkungan sekitar. Di antara masyarakat sekitar kawasan wisata, terdapat mitos bahwa lokasi ini dulunya merupakan tempat mandi bidadari. Dari namanya, Teman Traveler bisa merasakan sensasi mitos yang kental: Sanghyang berarti sesuatu yang dianggap suci dan Heuleut berarti jeda, batas waktu atau sesuatu.

2. Keindahan Alami Sanghyang Heuleut

Keindahan Alami Sanghyang Heuleut
Keindahan Alami Sanghyang Heuleut via Instagram/andikurniawan05_

Keindahan wisata satu ini menjadi peninggalan danau purba yang dahulu kala menggenangi Bandung. Ia berbentuk kubangan air besar dengan tebing dan pepohonan di sekitarnya. Di kubangan tersebut, Teman Traveler bisa berendam atau sekadar bermain air. Keasrian tempat wisata ini dihasilkan dari perpaduan antara pohon yang rindang, tebing yang kokoh dan air yang jernih. Sempurna sebagai tempat wisata alam pelepas penat dan bosan.

Di sekitar Sanghyang Heuleut terdapat Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Dua tempat wisata tersebut juga memiliki cerita dan keindahan misterius yang layak untuk dikunjungi.

3. Lokasi Sanghyang Heuleut

Lokasi Sanghyang Heuleut Dekat dengan PLTA Saguling
Lokasi Dekat dengan PLTA Saguling via Instagram/sobatulintea

Lokasi tempat wisata yang dipercaya sebagai tempat mandi bidadari ini terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Mudahnya, Teman Traveler bisa mengunjunginya dengan PLTA Saguling sebagai patokannya. Tidak akan kesulitan mencari tempat wisata ini, jangan khawatir nyasar-nyasar ya. Jika bingung, tentu bisa bertanya pada warga sekitar. Bertanya arah, tidak akan membuat Teman Traveler bingung dan kehilangan arah.

4. Menuju Sanghyang Heuleut

Ilustrasi Jalan Menuju Sanghyang Heuleut
Ilustrasi Jalan  via Instagram/pp_cisokan

Penasaran dan ingin menuju lokasi wisata alam yang cantiknya luar biasa ini, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Waktu yang dibutuhkan dari Kota Bandung sekitar 1,5 jam. Ambil jalan Raya Bandung – Cianjur kemudian masuk ke gerbang kawasan Waduk Saguling. Tidak jauh dari situ, sampailah Teman Traveler ke Sanghyang Heuleut.

Bagaimana, mulai penasaran dengan keindahan tempat wisata dari Bandung Barat ini? Agendakan bersama teman dari sekarang yuk! Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat sanghyang heuleut Wisata
Share