Depot Mbak Atun, Olahan Ikan Nikmat di Jalur Mudik Malang-Blitar

Berencana mudik dari Blitar ke Malang atau sebaliknya? Jika memang demikian, Teman Traveler wajib mampir ke Depot Mbak Atun. Kedai di rest area sekitar Bendungan Lahor-Selorejo ini hadirkan aneka menu menggoda. Pas buat mengisi tenaga usai terkuras lewat perjalanan jauh.

Dekat Bendungan Selorejo

Aktivitas di Kedai Mbak Atun (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Depot Mbak Atun Ikan Bakar mudah ditemukan karena kerap dipadati pengunjung. Buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00, tempat makan ini selalu ramai di akhir pekan. Alamat tepatnya ada di Jalan Raya Dahor, Wisata Bendungan Lahor-Selorejo.

Sambal Terasinya Istimewa

Semangat pak (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dibanding depot lain di sekitarnya, kedai Mbak Atun memang kelihatan paling laris dan ramai. Padahal untuk menu yang ditawarkan sebenarnya tidak banyak berbeda dibanding warung-warung di sebelahnya.

Bukan hanya ikan, menu ayam juga ikut nimbrung di sini (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Namun yang membuat kedai Mbak Atun berbeda, menurut saya dan beberapa rekan yang pernah mampir ke sini, adalah sambal terasinya. Terasa sangat enak dan segar. Bahan-bahannya tidak digoreng dan dibuat secara massal. Semuanya digerus langsung begitu ada pesanan.

Harga Terjangkau

Display aneka hasil olahan ikan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Soal harga, menu-menu di sini sangat ramah kantong. Harganya dipatok di kisaran Rp15.000 hingga Rp25.000. Cukup terjangkau untuk kategori masakan ikan tawar.

Begitu masuk Depot Mbak Atun, Teman Traveler akan disambut display aneka olahan ikan. Tertata rapi dan kelihatan begitu menggoda. Ada ikan mujair dalam beragam ukuran, udang goreng, patin, nila, lele mujair, bahkan uceng (ikan kecil mirip teri).

Olahan ikan full cabe pun ada, hmmm (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Variasi menu di sini menurut saya benar-benar komplet. Mulai dari goreng kering, kuah, pepes, hingga bakaran tersedia lengkap dan siap untuk Teman Traveler pesan. Bagaimana, sudah seperti Toserba alias toko serba ada untuk makanan olahan ikan tawar bukan?

Mujair Mungil yang Gurihnya Total

Lalapan dengan sambal terasi menggoda (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Berlangganan di warung ini sejak lama, menu favorit saya adalah ikan mujair kecil goreng kering. Mengapa memilih yang kecil? Karena kepalanya bisa saya habiskan hingga tak tersisa, tanpa perlu khawatir terkena duri kecil nan tajam. Gurihnya benar-benar terasa lunas.

Gurihnya benar-benar nampol Teman Traveler (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Pelayanan di sini juga sangat cepat Teman Traveler. Tak sampai 10 menit, mas-mas atau mbak-mbak ramah akan segera menyiapkan pesanan kalian. Begitu menu favorit sudah tersaji di depan mata, langsung saja tancap gas. Comot ikan mujair dan cocol dengan sambal. Dijamin rasa gurih total bakal menyeruak di lidah kalian. Nikmat.

Selalu padat pengunjung (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Depot Mbak Atun Ikan Bakar selalu ramai dipadati pengunjung, terutama di akhir pekan. Tak hanya wisatawan sekitar bendungan, namun juga para pengendara yang ingin sekedar melepas penat sembari mengisi tenaga.

Makan Ditemani Pemandangan Apik

Udang jadi salah satu menu terlaris (c) Mei Indriani

Bangunan warung ini juga sedikit unik karena mengadopsi model rumah panggung. Hal tersebut dilakukan karena kontur tanah tempat berdirinya sedikit miring. Tapi ini justru jadi nilai plus. Sambil makan, Teman Traveler akan dimanjakan pemandangan bendungan dengan permukaan air berwarna biru dan pepohonan rindang.

Area makan di sini tak terlalu luas, namun pemilik menyediakan tiga meja panjang lengkap dengan kursi. Selain itu ada tempat makan lesehan yang menghadap langsung ke bendungan. Dijamin aman, terutama bagi Teman Traveler yang datang berombongan atau bersama keluarga.

Pelayanan cepat dan ramah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Tak jauh dari Depot Mbak Atun, Teman Traveler bisa membeli ikan segar. Tersedia pula beberapa sayuran, namun terbatas hanya dari pagi hingga sore hari. Bisa dijadikan oleh-oleh maupun bahan untuk masakan di rumah.

Depot Mbak Atun juga sediakan area parkir luas dan nyaman, cukup untuk kendaraan seperti bus maupun truk. Jadi, jika dalam waktu dekat Teman Traveler berencana bepergian atau mudik Malang-Blitar, maupun sebaliknya, jangan lupa mampir ke warung ini ya. Numero uno segarnya!

Tags
Blitar kontributor kuliner blitar kuliner malang Malang Travelingyuk
Share