Rawon Merah Depot HTS Lawang, 4 Fakta yang Harus Diketahui

Nasi rawon berwarna hitam sudah mainstream di Indonesia, nah, bagaimana dengan rawon merah? Nasi rawon merah ini adalah hidangan khas dari rumah makan legendaris di kecamatan Lawang, Kabupaten Malang bernama  Depot HTS. Penasaran kan bagaimana penampakan rawon merah Depot HTS? Yuk kita intip bareng-bareng empat fakta rawon merah ini via travelingyuk.

1. Sejak Tahun 1927

Suasana Depot HTS via depotHTS.bussines.site

Depot HTS (Hwan Tjwan Sing) terletak di Jalan dokter Wahidin No. 123 Lawang. Bangunan tiga lantai ini berada tepat di pinggir jalan lintas Surabaya – Malang. Rumah makan ini juga memiliki tempat parkir yang luas, Mushola dan toilet.

Kuliner spesialnya, nasi rawon merah Depot HTS sudah ada sejak tahun 1927. Diracik khusus menggunakan resep keluarga. Wow, kira-kira pembaca travelingyuk sudah lahir belum ya tahun segitu?

Konon katanya, rawon merah ini sangat digemari oleh orang Jepang yang waktu itu banyak bermukim di Indonesia. Bahkan, banyak wisatawan Jepang dan Belanda yang datang ke Malang selalu menyempatkan diri untuk menyantap nasi rawon ini langsung di Depot HTS.

2. Asal Warna Rawon Merah Depot HTS

si merah menggoda via instagram/stayhungry.id

Penggemar kuliner pastinya sudah paham bahwa warna hitam nasi rawon dikarenakan penggunaan bumbu masak bernama kluwek. Depot HTS rupanya sudah sangat kreatif pada zamannya, bumbu masak bernama kluwek ini diganti dengan cabe merah dan berbagai rempah-rempah. Walhasil kuah rawon yang biasanya berwarna hitam berganti menjadi warna merah menggoda.

3. Bahan-bahan Berkualitas

Daging empuk tiada tara via instagram/hts_matos

Penggemar rawon tidak usah khawatir sulit menggigit daging rawon Depot HTS sebab daging rawonnya sangat empuk. Tidak alot dan tidak melawan saat digigit, yum! Dagingnya juga banyak, bukan hanya beberapa iris saja. Dijamin puas menyantap sepiring rawon merah depot ini.

Hal ini dikarenakan bahan-bahan pembuat rawon merah sangat berkualitas. Daging segar untuk rawon direbus cukup lama untuk mendapatkan tekstur yang sempurna. Rempah-rempah yang digunakan pun juga pilihan. Bahan pelengkapnya seperti kecambah dan telur asin juga masih segar dan baru.

4. Tidak Bikin Kantong Jebol

Aneka cemilan anti mahal via instagram/mariaellenratna

Harga nasi rawon Depot HTS ini cukup terjangkau. Saat ini, sepiring nasi putih hangat dan semangkuk rawon merah yang gurih dibanderol di harga Rp30 ribu. Makan berdua plus minum dengan pujaan hati tidak akan sampai seratus ribu di rumah makan ini.

Yuk segera cobain rawon merah Depot HTS Lawang, teman traveler! Selain rawon merah yang spesial, kalian juga mencicipi cemilan legendaris onde-onde HTS. Berbagai jajanan pasar dan kue-kue basah juga dijual di sini. Jangan sampai kehabisan!

Tags
depot hts Indonesia Jawa Timur kuliner Indonesia Lawang Malang nasi rawon
Share