Dari Lele Sampai Patin, Ini Empat Dawet Unik yang Ada di Tanah Air

Dawet merupakan salah satu minuman khas Tanah Air yang memiliki banyak sekali penggemar. Rasanya yang sangat khas. Perpaduan antara manis dan segar ini membuat banyak orang tergila-gila. Kombinasi antara santan, gula merah, dan juga cendol yang terbuat dari tepung beras tak pernah gagal menciptakan cita rasa yang nikmat. Tak jarang, ada beberapa orang menambahkan daging buah nangka yang menimbulkan aroma harum.

Tapi, tak semua dawet terbuat dari bahan yang sama. Ada beberapa jenis dawet yang memiliki bahan cendol nyeleneh. Ada pula dawet dengan cita rasa unik, bukan manis melainkan pedas. Penasaran kan? Yuk, intip jajaran dawet unik berikut ini.

1. Es Dawet Daging Lele

Es dawet lele yang menyegarkan tanpa aroma amis, via Instagram ariezjunaedy

Jika pada umumnya cendol terbuat dari tepung beras, lain halnya dengan es dawet daging lele ini. Bahan utama untuk membuat minuman segar jenis ini adalah daging lele. Meskipun terbuat dari ikan, tak akan ada aroma amis karena sebelumnya sudah dicampur dengan tepung beras dan sagu. Rasanya tak kalah nikmat dengan es dawet biasanya.

2. Es Dawet Daging Patin

Es Dawet Ikan Patin yang segar, via Liputan6.com

Setelah daging lele, ada juga dawet dari bahan ikan Patin. Tak ada bau tanah dalam dawet ini karena sudah dikombinasikan dengan tepung terigu dan daun suji terlebih dahulu. Pembuat dawet ikan patin ini adalah seorang ibu rumah tangga bernama Endang Siti yang berasal dari Batam. Ia memberi nama dawet ini Datin, atau singkatan dari Dawet Patin. Rasanya sama nikmatnya dengan es dawet biasanya.

3. Es Dawet Sambel, Kulon Progo

Seporsi es dawet sambel yang sangat unik, via Instagram makankeliling

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dawet memang umum disajikan bersama dengan santan dan gula merah untuk menciptakan cita rasa yang segar dan manis. Tapi, untuk dawet satu ini sangat tidak biasa. Bagaimana tidak, dawet ini disajikan dengan sambal, kelapa bubuk, irisan seledri, kecambah, ditambah dengan bawang goreng. Terakhir, dawet disiram dengan gula jawa cair.

Memang dawet yang sangat unik, via Instagram foodiestimewa

Untuk sambalnya sendiri terbuat dari irisan kelapa yang disangrai kemudian dihaluskan dengan cabai merah, gula pasir, garam dan juga bawang putih. Buat kamu yang penasaran dengan rasa Es Dawet Sambal ini, silahkan datang ke salah satu kawasan wisata Curug Setawing, Dusun Jonggragan, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

4. Es Dawet Goreng, Purworejo

Seporsi Es Dawet Goreng lengkap dengan isianya Via Instagram punyapurworejo.blog

Terakhir, yang tak kalah unik dengan yang sebelum-sebelumnya adalah Es Dawet Goreng dari Purworejo. Dalam seporsi Es Dawet Goreng ini akan ada cendol yang dipadukan dengan potongan tahu, taoge mentah, bawang merah goreng, larutan gula dan sambal dari cabai hijau. Kombinasi rasanya ada gurih, manis, asin dan juga pedas.

Jika kamu tertarik buat mencicipi kuliner yang sangat unik dari Purworejo ini, silahkan datang saja ke Pasar Pendem, Kaligesing, Kebupaten Purworejo, Jawa Tengah. Namun, kamu perlu sabar karena es dawet ini cukup langka, hanya ada 3 orang yang menjualnya.

Bagaimana pendapat kalian tentang kuliner-kuliner unik di atas? Jika kamu bosan dengan es dawet yang itu-itu saja, empat pilihan es dawet di atas bisa dicoba ya.

Tags
dawet dawet nyeleneh dawet unik Indonesia info kuliner
Share