Danau Rana, Serpihan Surga di Tengah Pedalaman Pulau Buru

Advertisement

Maluku merupakan salah satu penyimpan wisata alam yang sangat indah. Terlebih menghadirkan pesona alam berupa danau Rana. Salah satu danau yang terbesar di deretan kepulauan Maluku. Danau indah ini memang berada dipedalaman Pulau Buru dan sampai sekarang dianggap suci oleh para masyarakat sekitar dan pastinya sangat jarang dijamah oleh wisatawan. Namun saat kamu para traveler singgah ke Maluku, jangan sampai melewatkan danau yang satu ini.

Danau Rana ditengah pedalaman Maluku yang sangat eksotis. Foto via pegipegi.com

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh danau Rana adalah lokasi yang berada ditengah pedalaman. Tak mudah untuk kamu yang ingin menikmati keindahan danau Rana ini. Jalur yang tidak mudah juga sangat menantang untuk kamu yang suka berkelana diwilayah pedalaman. Namun jangan menyerah akan rasa capek yang luar bisa saat diperjalanan, setelah sampai akan terbayar lunas dengan suguhan panorama yang sangat menakjubkan. Jauh dari hiruk piruk perkotaan atau pun perkampungan yang padat akan terasa lebih asri, adem, dan natural.

Kondisi danau yang ditengah hutan belantara pulau Buru. Foto via kupang.antaranews.com

Selain jalur yang menantang, lokasinya yang berada di pedalaman juga menyimpan kehangatan khas Indonesia, yaitu berupa suku Rana yang tinggal di daerah ini. Kamu akan melewati perkampungan asli penghuni Pulau Buru ketika menuju ke lokasi danau. Uniknya saat tiba di kampung tersebut. Siapapun akan disambut oleh keramahan warga sekitar yang menghuni wilayah Pulau Buru. Sekalipun tidak ada fasilitas yang mewah di wilayah ini, namun keramahan penduduk sekitar sangat hangat menyambut anda adalah sesuatu yang sangat mewah. Anda juga bisa bergabung dengan warga sekitar untuk menikmati sajian khas Maluku.

Warna danau hijau tosca yang epik. Foto via guideku.com

Danau Rana dengan tampilan air yang jernih dan tenang serta pancaran warna yang hijau tosca hingga gradasi biru memberikan kesan sangat natural dan cocok untuk kamu yang ingin bersantai hingga healing. Apalagi mendekati senja hari, tak dapat dituliskan tentang keindahan atmosfer dengan backgroun danau yang indah. Pantulan sinar kuning kejinggaan membuat suasana sore hari di pinggir danau sungguh menawan.

Tak perlu membayar tiket masuk saat ingin menikmati danau ini. Cukup naik kendaraan dan membayar perahu jika kamu ingin berkeliling ditengah danau cantik ini. Kamu bisa menjelajahi danau ini dengan menaiki perahu yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Dengan tarif Rp. 100.000 sudah termasuk dengan seorang pemandu yang akan menemani perjalananmu mengelilingi area danau.

sunset didanau Rana yang eksotis. Foto via indonesiamagz.com

Namun jangan merasa heran, Tidaklah banyak fasilitas mewah yang disediakan di sekitar Danau Rana. Kamu bakal tidak menemukan satu pun penginepan ataupun hotel berbintang. Hanya tersedia rumah rumah warga daerah pedalaman yang akan menyambut dengan ramah untuk tinggal bersama mereka. Jarak rumah warga dengan danau pun sangatlah jauh, jika ingin menikmati danau secara puas, bawalah alat camping atau tenda agar kamu dapat bermalam ditepi danau cantik ini.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia Pesona Alam Maluku Wisata Air Wisata Alam Maluku
Share