Danau Poso, Danau Rasa Pantai di Sulawesi Tengah

Advertisement

Danau Poso yang berada di Sulawesi Tengah ini, memang tak setenar danau-danau lainnya. Padahal, pesonanya sungguh indah dan bisa menjadi tempat healing untuk kamu yang sedang butuh refreshing dan tengah berada di Sulawesi Tengah.

Nggak cuma panorama alam, kamu juga bisa mendalami sejarah di tempat ini. Mengingat danau satu ini memiliki sejarah yang menarik. Ada pula kegiatan-kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini. Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Danau Poso Begitu Bersejarah

Danau yang terletak di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini, memiliki sejarah yang unik. Danau ini terbentuk dari aktivitas tektonik dan dipercaya sudah ada sejak sebelum tahun 1865. Sebelum akhirnya ditemukan pertama kalinya di tahun tersebut.

Foto via Instagram

Tak hanya keindahan alam dan sejarah, ada legenda yang terdapat di tempat ini. Ialah bebatuan besar yang berada di tengah danau. Batu tersebut mengeluarkan bunyi-bunyian unik ketika dipukul. Dipercaya, bebatuan ini tempat untuk mengasah senjata roh di kerajaan bawah danau. Bebatuan ini bernama Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga.

Salah Satu Danau Terdalam

Danau terdalam di Indonesia yang pertama adalah Danau Matano, kemudian Danau Toba yang juga sekaligus menjadi yang terbesar di negeri ini. Nah, Danau Poso ternyata menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia lho. Tepatnya memiliki kedalaman 510 meter.

Foto via Instagram

Bukan saja dalam, danau ini begitu panjang dan luas. Memiliki panjang hingga 32 kilometer dan selebar 16 kilometer. Sudah dalam dan begitu panjang, danau ini sangat asri karena dikelilingi pepohonan rindang.

Danau Poso Seperti Sebuah Pantai

Meski sebuah danau, Danau Poso terlihat seperti sebuah pantai. Bagaimana tidak? Di pinggir danau terdapat pasir layaknya pantai. Airnya pun berombak. Wah, main ke danau rasa pantai nih!

Danau Poso
Foto via Instagram

Airnya begitu bersih dengan gradasi warna hijau di pinggir danau kemudian berubah menjadi biru di tengah danau. Berbagai ikan, belut, hingga siput air tawar hidup di bawah air danau. Pemandangan hutan di sekitar danau, membuat suasana makin asri dan masih alami. Ada pula pemukiman warga yang tak jauh dari sini.

Berbagai Kegiatan Seru

Selain tentunya menikmati suasana danau rasa pantai, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya. Kamu bisa menyewa perahu motor atau perahu biasa untuk mengarungi perairan Danau Poso. Disarankan melakukan susur danau di pagi hari karena ombaknya lebih tenang.

Danau Poso
Foto via Instagram

Kamu juga bisa makan ikan sogili bakar di area sekitar danau. Makanan ini adalah kuliner khas kota Poso. Ada pula kolam renang di dekat danau, bisa banget mampir buat berenang bareng keluarga.

Festival Danau Poso

Ada acara tahunan yang diselenggarakan di kota pinggir danau, ialah Tentena. Kegiatan tahunan ini dinamakan Festival Danau Poso. Tujuannya untuk lebih memperkenalkan pariwisata alam satu ini. Tidak hanya pengenalan pariwisata, tapi juga ada kuliner, workshop budaya, hingga tarian daerah.

Danau Poso
Foto via Instagram

Untuk menuju danau ini, kamu bisa melakukan perjalanan darat dari ibu kota Sulawesi Tengah, Kota Palu. Kamu harus menempuh perjalanan sekitar 8 jam. Atau bisa juga dari Toraja, Sulawesi Selatan. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk masuk ke area Danau Poso ialah sebesar Rp10.000

Danau Poso bisa menjadi salah satu tempat yang kamu tuju saat berada di Sulawesi Tengah. Di sini kamu bisa menikmati panorama alam dan melakukan berbagai kegiatan seru.

Advertisement
Tags
danau di Indonesia Danau Poso wisata alam Indonesia Wisata alam sulawesi tengah
Share