Bekas Tambang Menjelma Jadi Danau Kaolin, Airnya Sebiru Langit

Belitung adalah suatu pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera, terbagi menjadi Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Berkat letaknya yang berada di lepas pantai, terdapat banyak destinasi wisata bahari yang menarik dijelajahi. Selain itu, kawasan ini pun terkenal akan pusat beberapa tambang salah satunya kaolin. Siapa sangka, bekas pertambangan mineral yang ditinggalkan bisa berubah menjadi Danau Kaolin nan elok. Seperti apa indahnya? Yuk dibaca sampai akhir.

Bekas Pertambangan Kaolin Menjelma Menjadi Danau Indah

Bekas Pertambangan via Shutterstock

Dahulu kawasan ini merupakan lokasi pertambangan kaolin, yaitu semacam tanah liat yang terdapat kandungan besi rendah serta umumnya berwarna putih. Bekas galian pertambangan dibiarkan sehingga bisa menjadi danau yang disebut Danau Kaolin. Dinding-dinding batu di kawasan ini yang berwarna putih dipadukan dengan air danau yang biru menyala menjadi daya tarik para wisatawan. Benar-benar memanjakan mata Teman Traveler.

Masih Terlihat Sedikit Jejak Penambangan

Masih Terlihat Bekas Tambang via Shutterstock

Teman Traveler masih bisa mendapati bekas timbunan galian yang berwarna putih dan membentuk seperti pulau. Serta ada juga tumpuan yang terbuat dari kayu kini sudah lapuk, jejak para penambang. Danau yang terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini kini menjadi wana wisata cukup populer.

Tersohor Berkat Perpaduan Biru dan Hijau Air Danau

Birunya Air Danau Kaolin via Shutterstock

Bisa dikatakan danau ini mirip dengan kawah putih yang ada di daerah Jawa Barat. Bedanya, Danau Kaolin bukan terbentuk dari kawah sehingga tidak terdapat bau belerang menyengat. Teman Traveler bisa berlama-lama menikmati danau ini tanpa perlu khawatir akan bau kurang nyaman. Anak-anak penduduk sekitar pun memanfaatkan kejernihan air untuk berenang. Di tengah-tengah danau terdapat seperti ‘pulau’ yang membentuk jembatan menghubungkan kedua ujung danau. Nah Teman Traveler juga bisa menjelajah kawasan ini dengan memanfaatkan adanya jembatan tersebut.

Spot Instagenic Bagi Pasangan

Foto Pre-Wedding di Danau Kaolin via Instagram @theboxlite

Tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan Danau Kaolin ini seolah mengajak untuk dikenang dengan jepretan kamera. Teman Traveler tidak perlu bingung mencari spot foto epic di kawasan ini. Saking luasnya Danau Kaolin, maka terdapat banyak sudut yang menarik untuk diabadikan. Bahkan calon pasangan pengantin pun ada yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat foto pre-wedding.

Tidak disangka ya bekas tambang malah menjadi destinasi wisata yang sungguh menawan. Kalau menjelajah Pulau Belitung, bisa singgah di Danau Kaolin ya. Sudah merencanakan kapan berkunjung ke sini?

Tags
Danau Kaolin Indonesia Kabupaten Belitung Pulau Bangka Belitung Wisata
Share