Danau di Bandung ini Tak Kalah dengan Lake Como Italia

Tapi tak disangka ternyata Sungai Citarum memiliki hulu atau mata air dengan pemandangan yang menakjubkan dan air yang jernih bernama Situ Cisanti. Sebuah Danau yang terletak di kaki Gunung Wayang atau secara administratif berada di Kampung Pejaten Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Danau ini sering disebut juga dengan kilometer 0 Citarum. Berjarak sekitar 60 kilometer di sebelah selatan Kota Bandung, Situ Cisanti digadang-gadang memiliki keindahan yang tak kalah dengan Lake Como di Italia dan jadi andalan objek wisata Bandung. Penasaran seperti apa? Yuk kita intip sama-sama!

Pemandangan di Situ Cisanti yang menyejukkan hati [image source]

Letaknya yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan seperti gunung wayang, malabar, bedil, dan rakutak dengan ketinggian sekitar 1.500 sampai 3.000 meter di atas permukaan laut, membuat udara di Situ Cisanti terasa sejuk. Pepohonan hijau eucaliptus yang rindang di sekitar danau menambah asri suasana. Tak sulit untuk menemukan lokasi situ ini, karena berada tidak jauh dari Perkebunan Teh Malabar, Pangalengan yang sejak dulu sudah menjadi salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Bandung.

Kilometer 0 Citarum dengan keindahan tiada tara [image source]

Suasana danau yang segar, damai, dan tenang membuat Situ Cisanti cocok dijadikan destinasi wisata untuk refreshing, melepas penat atau melarikan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari. Di kawasan yang merupakan ‘nadinya’ Jawa Barat ini terdapat 7 mata air antara lain, Cikahuripan (Pangsiraman), Mastaka citarum, Cihaniwung, Cikoleberes, Cikawedukan, Cisadane, dan Cisanti. Salah satu yang paling ramai didatangi pengunjung adalah mata air Pangsiraman yang berwarna biru jernih. Menurut kabar, selain berwisata orang-orang sering datang ke sumber ini untuk mencari jodoh.

Hijaunya pemandangan di Situ Cisanti [image source]

Karena semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang kemari, pengelola pun berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan melengkapi Situ Cisanti dengan beberapa fasilitas utama seperti kamar mandi, lahan parkir, dan musholla. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur lebih lama disini, tersedia cottage dengan harga terjangkau dan fasilitas memadai.

Tak hanya jalan-jalan, pengunjung juga bisa berkemah disini [image source]

Berbagai kegiatan menarik pun bisa dilakukan pengunjung di kawasan perhutani dengan lahan seluas 7 hektar ini. Beberapa di antaranya seperti, berkemah atau camping bersama teman-teman, berkeliling danau dengan menggunakan perahu, dan juga memancing. Eits, jangan lupa foto selfie juga ya untuk mengabadikan momen indah berwisata ke Situ Cisanti. Jembatan yang berada di atas danau bisa jadi spot selfie pilihanmu.

Jembatan di atas danau jadi salah satu spot favorit untuk berfoto [image source]

Harga tiket masuk ke Situ Cisanti tergolong sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp 7.500,- per orang kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan. Sedangkan untuk tarif parkirnya masih normal yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Well, jika ingin wisata hemat dan bermanfaat di Kabupaten Bandung, danau ini bisa jadi salah satu opsinya.

Seorang warga menangkap ikan di Situ Cisanti [image source]

Situ Cisanti dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat selama sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandung. Terdapat 2 jalur yang dapat dilalui pengunjung untuk dapat kesana. Rute pertama yaitu, melalui Bandung-Bangaran-Pangalengan kemudian menuju ke Perkebunan Teh Malabar dan tak jauh dari sana kamu akan menemukan lokasi danau.

Situ Cisanti cocok jadi destinasi liburan akhir pekan [image source]

Sedangkan rute kedua yaitu melalui Bandung-Ciparay-Pacet-Kertasari. Jika ingin cepat sampai ke tujuan, rute kedua merupakan jalur yang lebih singkat dibandingkan yang pertama. Jika melewati jalan ini kamu harus ekstra hati-hati karena ada beberapa bagian yang rusak dan agak menanjak. Namun kalau kamu ingin jalan santai sambil menikmati pemandangan, rute pertamalah yang cocok untuk kamu pilih karena menyajikan view yang lebih indah.

Gimana, tertarik untuk berkunjung kemari? Segera agendakan dengan teman-teman ya!

Tags
Bandung Danau Indonesia Jawa Barat
Share