Danau Beratan Bedugul, Sejuk Memanjakan di Tanah Seribu Pura

Advertisement

Pesona Bali tak hanya terbatas pada pantai dan air terjunnya saja. Jika Teman Traveler ingin rasakan belaian udara sejuk dan dimanja panorama memanjakan di Tanah Seribu Pura, cobalah mampir ke Danau Beratan Bedugul. Penasaran? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Perjalanan Menuju Danau Beratan

img20180513111627_02_HaP.jpeg
Keindahan Pura Ulun (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Danau Beratan Bedugul beralamat di Desa Candi Kuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali. Untuk menuju sini, Teman Traveler harus menempuh perjalanan sekitar 45 km dari Tabanan atau sekitar 55 jika berangkat dari Denpasar. Buat kalian yang bertolak dari Kuta, bakal butuh waktu berkendara sekitar dua jam dengan menempuh jarak sekitar 70 km.

Harga Tiket Masuk

img20180513112157_1_01_AOC.jpeg
Suasana di Bedugul (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Danau Beratan buka antara pukul 08.00-18.00. Namun jika kawasan sekitar sini sedang berkabut, lokasinya bakal ditutup lebih cepat untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Harga tiketnya bervariasi. Pengunjung lokal wajib membayar Rp10.000 (dewasa) atau Rp7.500 (anak-anak). Sementara untuk warga asing, harus rogoh kocek Rp30.000 (dewasa) atau anak-anak (Rp15.000). Jangan lupa siapkan juga biaya parkir antara Rp2.000 hingga Rp10.000.

Sebagai objek wisata sejarah, kawasan Danau Beratan telah dilengkapi beragam fasilitas penunjang seperti lahan parkir, taman bermain anak, serta toilet. Teman Traveler juga akan mendapati beberapa restoran yang kerap dipadati pelanggan pada jam makan siang.

Belaian Udara Sejuk Memanjakan

img20180513113221_1_03_jQ6.jpeg
Taman bunga indah (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Bedugul menawarkan pesona alam dengan nuansa pegunungan dan danau. Tempatnya berada di ketinggian 1.240 mdpl, dengan suhu udara rata-rata 18 celcius pada malam hari dan 24 celcius di siang hari. Hawa di sekitar sini sangat sejuk dan lingkungannya kerap berkabut.

Teman Traveler dijamin merasa nyaman dengan belaian kesejukannya. Terlebih di sini kalian juga bakal dimanjakan keindahan warna-warni bunga dan deretan pepohonan cemara. Semuanya suguhkan pemandangan indah nan asri, memanjakan setiap mata yang memandang.

Beratan Bedugul dikelilingi perbukitan indah dan memiliki Pura Ulun Danau Bratan di tengahnya. Interior di tempat ibadah ini benar-benar menonjolkan aspek religius dan budaya Bali. Atapnya terdiri dari tiga tingkat, melambangkan Dewa Wisnu, Brahma, dan Siwa.

Fasilitas Danau Beratan

img_1185_01_GC7.jpeg
Menikmati danau dengan menumpang speedboat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Selain sambil jalan-jalan, Teman Traveler juga bisa nikmati keindahan Danau Bedugul dengan menyewa speed boat. Harga sewanya antara Rp100.000 hingga Rp185.000, dengan kapasitas antara 4-8 orang.

Fasilitasnya lumayan lengkap. Meski penduduk Bali mayoritas beragama Hindu, di sekitar sini juga terdapat masjid kok. Selain itu Teman Traveler juga akan menemukan penjual suvenir, warung, dan toilet. Jika ingin menginap, takkan sulit menemukan villa maupun hotel.

Itulah sedikit ulasan mengenai Danau Beratan Bedugul, sebuah destinasi keren di Bali yang tawarkan belaian hawa sejuk nan memanjakan. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke sini kala liburan ke Bali?

Advertisement
Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share